Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dana Nasabah Bank Kalsel Hilang, Simak Pesan Guru Besar Ekonomi ULM

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 23:58 WIB
Dana Nasabah Bank Kalsel Hilang, Simak Pesan Guru Besar Ekonomi ULM - JPNN.COM
Kantor Pusat Bank Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Foto: ANTARA/Firman

jpnn.com, BANJARMASIN - Guru besar ilmu ekonomi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Muhammad Handry Imansyah turut merespons kasus raibnya dana puluhan nasabah Bank Kalsel. 

Diketahui, kasus hilangnya dana diduga akibat skimming membuat 94 nasabah kehilangan dananya. Total kerugian mencapai Rp 1,9 miliar. 

Menurut Handry, kejadian ini mesti menjadi momen bagi bank pelat merah itu agar berhati-hati dalam urusan keamanan dana nasabah. 

"Bank Kalsel harus sering memeriksa mesin ATM miliknya supaya terbebas dari alat skimming yang diletakkan di mesin ATM," ujar Handry kepada JPNN.COM, Sabtu (6/8). 

Pemeriksaan mesin ATM secara berkala tentu menurutnya dapat meminimalisasi aksi kejahatan skimming.

"Walaupun skimming dapat juga dilakukan di ATM bank bukan miliknya, namun, umumnya nasabah lebih senang mengambil uang tunai sesuai dengan bank di mana uangnya disimpan. Hal ini untuk menghindari biaya transaksi antar bank," kata Handry.

Kepada nasabah, Handry juga mengingatkan agar juga hati-hati dalam bertransaksi dengan kartu debit.

"Bila di ATM, lihat keypad dan slot masuk kartu, bila agak seret atau tak biasa, sebaiknya batalkan transaksi. Tutup dengan tangan ketika tangan melakukan pilihan angka PIN," pesannya.

Solusi konkret yang ditawarkan Handry ke pihak perbankan adalah dengan mengganti semua kartu ATM dengan yang berbasis chip.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close