Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Data Jumlah Guru Honorer Sungguh Ajaib

Jumat, 18 Oktober 2019 – 06:59 WIB
Data Jumlah Guru Honorer Sungguh Ajaib - JPNN.COM
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriano. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Supriano menyebutkan, jumlah guru honorer yang masuk data pokok pendidikan harus diverifikasi dan validasi (verval) lagi. Pasalnya, hasil temuan Kemendikbud, banyak guru honorer yang namanya ada di data tetapi orangnya tidak ada.

"Jadi namanya ada, begitu dicek ke sekolahnya orangnya enggak ada. Nah ini yang membuat Kemendikbud terus memperbaiki data guru ini," kata Supriano di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (17/10).

Supriano mencontohkan, sesuai dapodik Desember 2017, jumlah guru honorer 735.825 orang. Namun, setelah verval terdapat 32 ribu tidak ada orangnya. Kemungkinan orangnya ini sudah meninggal, pindah tugas atau alih profesi.

"Kami sudah keluarkan 32 ribu itu dari dapodik. Namun, 14 bulan kemudian, jumlah guru di dapodik bertambah 41 ribu. Jadi kami keluarkan 32 ribu orang, eh malah masuk 41 ribu," keluh Supriano.

Seandainya kepala sekolah tertib dalam merekrut orang, jumlah guru tidak akan terus membengkak. Semakin banyak merekut guru honorer baru, proses penyesaiannya juga makin panjang dan rumit.

"Kami mohon para kepala sekolah jangan menambah guru honorer baru. Kalau tidak dikunci datanya, bagaimana bisa selesai masalah guru honorer ini?" tandasnya. (esy/jpnn)

Pada Desember 2017, jumlah guru honorer 735.825 orang, tetapi setelah verval terdapat 32 ribu tidak ada orangnya.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close