Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Datangi Eks Warga PNG di Perbatasan, UT Berikan Edukasi Tentang Kebangsaan

Selasa, 28 November 2023 – 09:03 WIB
Datangi Eks Warga PNG di Perbatasan, UT Berikan Edukasi Tentang Kebangsaan - JPNN.COM
masyarakat kampung Mosso saat menerima edukasi melalui sosialisasi oleh Dosen UT. Foto: Ridwan/JPNN

jpnn.com, PAPUA - Universitas Terbuka (UT) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional di Kampung Mosso, kota Jayapura yang terletak di wilayah perbatasan RI-PNG.

Ketua Program PkM internasional Dr. Romi Siswanto mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu wujud tridarma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh seorang dosen perguruan tinggi.  

Di samping itu program ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman supaya dapat menumbuhkan rasa memiliki dan mencintai tanah air Indonesia. 

Dr. Romi menyebutkan ada tiga edukasi yang diberikan secara langsung kepada masyarakat. Di antaranya, sosialisasi penguatan nilai-nilai kebangsaan, pengembangan literasi baca dan pengelolaan taman belajar dan sosialisasi pembangunan kesadaran kesehatan pada masyarakat. 

"Kampung Moso menjadi sasaran karena warganya sebagian besar ada eks WNA asal PNG dan ini penting dilakukan," jelasnya.

Selain sosialisasi dan pelatihan, lanjut Dr Romi, Universitas Terbuka juga mengadakan pembuatan Sumur Bor dan Perpustakaan Mini bagi warga desa Mosso.

"Kami berharap fasilitas sumur bor dan perpustakaan yang kami sediakan bisa bermanfaat bagi warga kampung Mosso," jelasnya. 

Diharapkan melalui PkM ini Desa Mosso dapat menjadi desa binaan Universitas Terbuka karena banyak sekali potensi yang dapat digali dan dibina unutk dapat menjadi desa yang mandiri dan berkembang.

Universitas Terbuka menggelar kegiatan bakti sosial di perkampungan eks mantan warga warga Negara Asing di perbatasan RI-PNG

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close