Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demi Keselamatan Penerbangan, Bandara Frans Seda di Maumere Masih Ditutup Sementara

Kamis, 04 Januari 2024 – 13:38 WIB
Demi Keselamatan Penerbangan, Bandara Frans Seda di Maumere Masih Ditutup Sementara - JPNN.COM
Suasana konter check-in Bandara Frans Seda Maumere yang kosong karena penutupan operasional bandara akibat terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Selasa (2/1/2024). (ANTARA/HO-Kantor UPBU Kelas II Bandara Frans Seda Maumere)

jpnn.com - KUPANG - Bandar Udara Frans Seda Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih ditutup sementara karena terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur. Penutupan sementara dilakukan dengan alasan keselamatan penerbangan.

"Penutupan bandara diambil karena aspek keselamatan penerbangan, akan dibuka kembali setelah tidak terdampak abu vulkanik dan tidak membahayakan penerbangan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Kamis (4/1).

Penutupan layanan operasional di Bandara Frans Seda telah dilakukan sejak 1 Januari 2024 pascaerupsi dan kenaikan status gunung dari Waspada menjadi Siaga.

Penutupan layanan merujuk pada hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang menyebut bahwa pergerakan abu vulkanik masih menutupi bandara.

Kristi mengatakan pihaknya telah memerintahkan Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali dan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Bandara Frans Seda Maumere untuk melakukan pengawasan intensif terhadap perkembangan erupsi gunung itu.

Dia juga mengimbau maskapai penerbangan memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket termasuk opsi full refund, reschedule, atau re-route ke bandara terdekat jika masih ada kursi yang tersedia.

"Ini diharapkan dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara," ungkapnya.

Dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki terhadap operasional penerbangan di Bandara Frans Seda Maumere pada 4 Januari 2024, yakni pembatalan enam penerbangan Wings Air rute Kupang ke Ujung Pandang.

Penutupan sementara Bandara Frans Seda Maumere dilakukan dengan alasan keselamatan penerbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close