Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demo Separatis di Papua Gugat Pepera 1969

Jumat, 17 Oktober 2008 – 06:36 WIB
Demo Separatis di Papua Gugat Pepera 1969 - JPNN.COM
JAYAPURA - Pengerahan massa bernuansa separatis berlangsung di Jayapura, Kamis (16/10). Beberapa kelompok massa mengekspresikan dukungan atas pembentukan kaukus International Parlemen for West Papua (IPWP) dengan berunjuk rasa.

Beberapa elemen masyarakat yang tergabung dalam aksi tersebut adalah Presidium Dewan Papua (PDP), LSM, mahasiswa, dan kelompok masyarakat lain. Sasarannya adalah gedung DPRD Papua. Namun, aksi mereka terhadang oleh aparat TNI dan Polri yang bersiaga sejak pagi.

Sebelumnya, massa berkumpul di Perumnas III. Lantas, mereka bergerak bersama menuju gedung DPRD. Mereka membawa berbagai poster dan spanduk berisi tuntutan untuk me-review Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) 1969. Pepera itulah yang menurut para pengunjuk rasa tersebut menjadikan Papua masuk ke dalam wilayah NKRI.

"Atas nama tulang belulang nenek moyang, atas nama ibu yang melahirkan kita, ketahuilah bahwa kebebasan semakin dekat," ujar Buchtar Tabuni, pemimpin aksi tersebut. Para pengunjuk rasa lain menyambut orasi Bucthar itu dengan berteriak "Papua merdeka" beberapa kali.

JAYAPURA - Pengerahan massa bernuansa separatis berlangsung di Jayapura, Kamis (16/10). Beberapa kelompok massa mengekspresikan dukungan atas pembentukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close