Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demokrat Makin Terancam Cuma jadi Penonton Pilpres

Kamis, 15 Mei 2014 – 13:24 WIB
Demokrat Makin Terancam Cuma jadi Penonton Pilpres - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA -- Peneliti SMRC Jayadi Hanan menilai Partai Demokrat terancam semakin tidak berguna secara langsung, dalam konteks menjelang pemilihan presiden.

Sebab, ia mengatakan, kalau tidak cepat menentukan arah koalisi, maka tak akan ada lagi opsi untuk PD dalam pilpres nanti.

"Kalau tidak cepat-cepat maka Demokrat bisa hanya menjadi penonton," kata Jayadi dalam diskusi  bertajuk "Menimbang Konvensi dan Arah Koalisi Partai Demokrat" yang digelar Gerakan Indonesia, di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/5).

Apalagi, kata dia, kalau saja kemarin deklarasi yang dilakukan PDIP, Nasdem dan PKB juga diikuti Golkar, maka sudah jelas Demokrat akan semakin kurang relevansinya dan daya tawar semakin rendah.

"Kalau kemarin jadi PDIP dan Golkar maka pilihan Demokrat untuk membuat poros baru tidak akan ada lagi karena partai yang tersisa cuma Hanura," ujarnya.

Namun, lanjut Jayadi, karena PDIP dan Golkar belum fix berkoalisi, maka kemungkinan Demokrat masih besar. Tapi, kata dia, belum tentu juga Partai Golkar tak bergabung dengan PDIP.

Ia menilai PDIP mendeklarasikan koalisi dengan Nasdem dan PKB kemarin adalah untuk mengunci Golkar. Supaya kalau nanti bergabung dengan PDIP, Golkar tak banyak permintaan yang macam-macam.

"Kalau koalisi (PDIP, Nasdem, PKB) belum dideklarasikan, maka ketika Golkar masuk maka Golkar yang punya kekuatan elektoral kedua pasti minta wakil presiden," katanya.

JAKARTA -- Peneliti SMRC Jayadi Hanan menilai Partai Demokrat terancam semakin tidak berguna secara langsung, dalam konteks menjelang pemilihan presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA