Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demonstran Hong Kong: Terima Kasih Presiden Trump Atas Hadiahnya

Minggu, 01 Desember 2019 – 20:21 WIB
Demonstran Hong Kong: Terima Kasih Presiden Trump Atas Hadiahnya - JPNN.COM
Seorang pengunjuk rasa mengacung-acungkan poster selama aksi protes di kawasan Central, Hong Kong, China, Minggu (8/9/2019). Foto: ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach/TM

jpnn.com, HONG KONG - Ratusan orang, beberapa di antaranya lansia, menggelar aksi di depan konsulat Amerika Serikat (AS) di Hong Kong, Minggu (1/12). Kedatangan mereka untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada Presiden Donald Trump yang telah mendukung aksi demonstrasi warga Hong Kong enam bulan terakhir.

Sambil mengibarkan bendera AS, massa aksi membentangkan spanduk bergambar Presiden Donald Trump yang berdiri dengan kaki terbuka di atas sebuah tank.

Beberapa orang bahkan mengenakan kaos dan topi berlogo Donald Trump. Mereka membentangan spanduk bertuliskan "Presiden Trump, tolong bebaskan Hong Kong".

"Terima kasih presiden Trump atas hadiah besar yang diberikan kepada Hong Kong, semoga Tuhan memberkati Amerika," ujar salah satu orator aksi.

Pekan ini Trump menandatangani undang-undang yang mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong. Keputusan tersebut memicu kemarahan pemerintah Tiongkok yang mengancam akan melancarkan balas dendam dalam waktu dekat.

Minggu pagi, sebelum aksi pawai itu, ratusan pengunjuk rasa meminta pihak kepolisian berhenti menggunakan gas air mata untuk membubarkan protes. Mereka membawa balon kuning dan berjalan menyusuri wilayah pusat bisnis menuju kantor pusat pemerintahan Hong Kong.

"Kami ingin polisi berhenti menggunakan gas air mata. Itu bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Pemerintah semestinya mendengar rakyat. Ini konyol sekali," kata seorang perempuan yang ikut serta dalam pawai bersama suami dan anaknya yang berusia lima tahun.

Sejak unjuk rasa mulai ramai pada Juni lalu, polisi telah menembakkan sekitar 10.000 kali gas air mata, menurut sekretaris kota Hong Kong untuk urusan keamanan, John Lee, pada pekan lalu.

Kedatangan mereka untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada Presiden Donald Trump yang telah mendukung aksi demonstrasi warga Hong Kong enam bulan terakhir.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Fokus Tiga

    Minggu, 14 April 2024 – 07:09 WIB
    Fokus Tiga - JPNN.com
  • ABC Indonesia

    Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam

    Jumat, 12 April 2024 – 23:39 WIB
    Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Pula Bowa

    Kamis, 11 April 2024 – 07:47 WIB
    Pula Bowa - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kafe Planologi

    Selasa, 09 April 2024 – 07:07 WIB
    Kafe Planologi - JPNN.com
X Close