Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demonstran Penolak Tambang di Parigi Moutong Tewas Diterjang Peluru, Ini Respons Taufik Basari

Senin, 14 Februari 2022 – 20:48 WIB
Demonstran Penolak Tambang di Parigi Moutong Tewas Diterjang Peluru, Ini Respons Taufik Basari - JPNN.COM
Politikus Partai NasDem Taufik Basari. Foto: Dyah Dwi/Antara

jpnn.com, PARIGI MOUTONG - Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) mengusut tuntas kasus tewasnya Erfadi, seorang demonstran penolak perusahaan tambang di Kabupaten Parigi Moutong.

Menurut dia, Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi memang sudah meminta maaf menyikapi tewasnya Erfadi. Namun, hal tersebut tidak cukup adil bagi keluarga korban.

"Pelaku penembakan dan kekerasan wajib diusut dan dilakukan penegakan hukum," kata Taufik saat dihubungi, Senin (14/2).

Legislator Fraksi Partai NasDem itu di sisi lain meminta Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bisa terjun mendinginkan kondisi di Parigi Moutong pascatewasnya Erfadi.

Sebab, tidak tertutup kemungkinan kondisi di lapangan makin memanas setelah pemuda 21 tahun itu tewas setelah berdemonstrasi.

"Gubernur untuk memulihkan keadaan agar tercipta situasi yang kondusif serta mewujudkan dialog dengan masyarakat," kata Tobas, sapaan Taufik Basari.

Komnas HAM RI berkesimpulan bahwa Erfadi, demonstran penolak perusahaan tambang di Parigi Moutong, Sulteng tewas karena ada proyektil yang tertanam di tubuh yang bersangkutan.

Kesimpulan itu didapat Komnas HAM setelah melakukan penelitian terhadap kasus tewasnya Erfadi ketika ada unjuk rasa menolak tambang di Parigi Moutong, pada Sabtu (12/2).

Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) mengusut tuntas kasus tewasnya Erfadi, seorang demonstran penolak perusahaan tambang di Kabupaten Parigi Moutong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close