Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demonstran Siram Wajah Menteri Perekonomian Inggris

Sabtu, 07 Maret 2009 – 07:58 WIB
Demonstran Siram Wajah Menteri Perekonomian Inggris - JPNN.COM
Foto: AP
LONDON - Kebebasan mengeluarkan pendapat memang dijamin di Inggris. Namun, apa yang dilakukan pengunjuk rasa Leila Deen terhitung nekat. Saat mengungkapkan protes kepada Menteri Perekonomian Lord Peter Mandelson kemarin (6/3), aktivis lingkungan dari LSM Plane Stupid itu menyiram wajah sang menteri dengan segelas minuman. Anehnya, Deen tidak mendapatkan hukuman apa pun.

Insiden yang membuat malu menteri utama kabinet Perdana Menteri Gordon Brown itu terjadi saat dia berjalan menuju mobilnya setelah menghadiri seminar lingkungan di Royal Society, London. Saat itulah, Leila Deen menghadang Mandelson. Seorang saksi mata mengatakan, keduanya kemudian bertukar kata dengan sengit. Deen memprotes kebijakan Mandelson yang mengizinkan perluasan landasan pacu Bandara Heathrow sehingga memperparah emisi karbon dari pesawat.

Entah apa yang dikatakan Mandelson sehingga kemarahan Deen memuncak dan mendorongnya memindahkan isi gelas yang dipegang ke wajah Mandelson. Tak ada satu pun polisi yang berusaha mencegah ulah anarkis itu. Akibatnya, seluruh wajah menteri yang juga ketua Komisi Perdagangan Uni Eropa itu berlumur cairan berwana hijau.

Juru bicara Scotland Yard, Dinas Kepolisian Inggris, menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa melakukan tindakan apa pun kepada Deen karena tidak ada pernyataan keberatan atau tuntutan dari sang menteri. ''Kami baru bertindak begitu laporan masuk,'' ujar pernyataan resmi Scotland Yard.

LONDON - Kebebasan mengeluarkan pendapat memang dijamin di Inggris. Namun, apa yang dilakukan pengunjuk rasa Leila Deen terhitung nekat. Saat mengungkapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close