Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dentuman Menggelegar Mulai Ajeg

Keluarnya Material Vulkanik Disambut Gembira

Kamis, 04 November 2010 – 06:01 WIB
Dentuman Menggelegar Mulai Ajeg - JPNN.COM
KLATEN - Dentuman keras dari lereng Merapi kembali terdengar di sejumlah rumah warga di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (3/11). Bahkan, intensitasnya juga semakin banyak. Sejumlah warga yang merumput pun langsung berlarian dan turun ke bawah mengungsi. Kondisi tersebut diprediksi bakal kembali menimbulkan letusan dahsyat dari Merapi.

"Semua warga di sini ( Desa Sidorejo) mendengar  dentuman keras dari puncak Merapi. Saat ini warga turun ke bawah," kata Koordinator Paguyuban Siaga (Pasag) Merapi Sukiman kepada Jawa Pos, Rabu (3/11).

Dari pantauannya selama ini, kata Sukiman, aktivitas Merapi memang tak nampak dari mata telanjang. Sebab, puncak Merapi masih tertutup kabut tebal. Namun, katanya, kondisi tersebut jutsru dinilai membahayakan, karena  segala aktivitas tak bisa terpantau sejak dini.  "Apalagi jika hujan terus mengguyur,  akan sangat membahayakan. Sebab, bisa menimbulkan banjir lahar dingin," katanya.

Dia memprediksikan, letusan Gunung Merapi masih bakal kembali terjadi. Bahkan, dari pantauan seismograf di Desa Sidorejo, diketahui terjadi belasan getaran di desanya. "Getaran itu terjadi setelah terdengar dentuman dari Merapi. Warga benar-benar panik dan meninggalkan pos ronda," katanya, sore kemarin.

KLATEN - Dentuman keras dari lereng Merapi kembali terdengar di sejumlah rumah warga di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (3/11). Bahkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA