Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Depkes Siapkan Pos di 14 Pelabuhan

Antisipasi Padatnya Arus Mudik

Rabu, 17 September 2008 – 11:29 WIB
Depkes Siapkan Pos di 14 Pelabuhan - JPNN.COM
JAKARTA – Membludaknya pemudik di berbagai moda arus transportasi membuat pemerintah menyiapkan berbagai program. Salah satunya, langkah Departemen Kesehatan (Depkes) menyiapkan 14 kantor kesehatan pelabuhan (KKP) untuk  menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran. Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Depkes Yusharmen mengemukakan bahwa kesiapsiagaan itu dilakukan sebagai tindak lanjut Inpres No. 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu.

Inpres tersebut menginstruksi pejabat terkait, antara lain Menkes, Menkominfo, Kapolri, panglima TNI, gubernur, dan bupati seluruh Indonesia. Dalam inpres itu, Menkes ditugasi  meningkatkan kegiatan pelayanan kesehatan pada tempat-tempat yang diperlukan pada jalur mudik dengan berkoordinasi dengan gubernur dan bupati/wali kota. ”KKP yang disiapkan, antara lain,  KKP Bandara Raden Inten dan KKP Bakauheni, Lampung; KKP Merak,  Banten; KKP Cirebon; KKP Bandara Husein Sastranegara, Bandung; KKP Cilacap; KKP Semarang; KKP Bandara Adi Sumarmo, Surakarta,’’ jelasnya di Jakarta, Selasa (16/9).

 

Selain itu, juga KKP Adi Sucipto, Jogjakarta; KKP Tanjung Perak,  Surabaya; KKP Probolinggo; KKP Banyuwangi; KKP Gili Manuk, Denpasar; dan KKP Bandara Ngurah Rai, Bali. Yusharmen mengemukakan bahwa Depkes telah menyiapkan pos kesehatan, penyuluhan, pemeriksaan tempat-tempat umum, pengendalian vector, dan penyiapan rujukan ke rumah sakit di terminal pelabuhan udara dan pelabuhan laut di 14 KKP. Kediatan mulai dilaksanakan H-7 sampai H+7 Idul Fitri.

Berdasar data dari Departemen Perhubungan, prediksi jumlah penumpang arus mudik tahun 2008 mencapai 15,7 juta orang atau meningkat 6,14 persen. Depkes telah mengidentifikasi sejumlah faktor risiko pada situasi khusus arus mudik Lebaran. ”Faktor risiko di jalur darat, laut, maupun udara, antara lain, cedera akibat kecelakaan lalu lintas, menurunnya daya tahan tubuh akibat lamanya perjalanan, serta terjadinya penularan penyakit potensi KLB di tempat pemberangkatan dan pemberhentian, baik terminal dan rumah makan; penularan penyakit akibat hygiene makanan yang tidak baik; serta penularan penyakit yang dibawa oleh penumpang dari negara terjangkit,” paparnya.

JAKARTA – Membludaknya pemudik di berbagai moda arus transportasi membuat pemerintah menyiapkan berbagai program. Salah satunya, langkah Departemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close