Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Desa Ini Dikenal Sebagai Penghasil Ikan Asin dan Otak-otak

Jumat, 08 November 2019 – 10:31 WIB
Desa Ini Dikenal Sebagai Penghasil Ikan Asin dan Otak-otak - JPNN.COM
Desa Kronjo di Kabupaten Tangerang dikenal sebagai penghasil ikan asin dan otak-otak. Foto: Radar Banten

jpnn.com, TANGERANG - Letaknya yang berada di perbatasan utara laut Jawa, membuat warga Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, memilih profesi sebagai nelayan. Hasilnya selain dijual, ikan hasil tangkapan juga diolah menjadi ikan asin dan otak-otak.

Kepala Desa Kronjo Tarisno mengatakan, pengelolaan ikan asin banyak dijadikan usaha warganya dan menjadi sumber mata pencaharian utama.

“Mata pencaharian sebagian penduduk kami tidak terlepas dari nelayan dan dunia perikanan. Sekaligus menjadi sumber utama ekonomi warga,” katanya.

Sudiharto, pembuat iklan asin yang juga warga Kampung Pekapuran RT 02 RW 05 Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo mengaku dalam satu minggu bisa menampung ikan sebanyak tiga ton. Ia menampung berbagai jenis ikan di antaranya, ikan layang, lesi, kembung, tembang, petek, pari, teri, dan tongkol. Ikan-ikan tersebut kemudian diolah menjadi ikan asin. Untuk penjualannya dikirim ke beberapa wilayah, seperti Serang, Pandeglang, Bogor, Tangerang, dan lainnya.

Sudiharto mulai menjalankan usaha pengasinan ikan bersama orang tuanya sejak tahun 1992 lalu. Awalnya, ia hanya menampung ikan sebanyak satu sampai dua kwintal dalam satu pekan. Sekarang dirinya sudah menampung ikan mencapai tiga ton per pekan.

“Saya jemur ikan-ikan sebanyak itu di atas lahan seluas kisaran satu hektare. Digulir saja jemurnya setiap hari dalam sepekan,” katanya.

Selain pengolahan ikan asin, Desa Kronjo juga memiliki potensi wisata religi yang sudah terkenal di Banten yakni Pulau Cangkir. Bahkan wisata religi tersebut sekarang kerap dikunjungi peziarah dari berbagai daerah.

“Adanya obyek wisata religi Pulau Cangkir berdampak pada perekonomian warga. Mereka bisa membuka usaha berupa warung dan mengelola parkir kendaraan para peziarah,” tutupnya. (pem/rb/adm)

Pengelolaan ikan asin banyak dijadikan usaha warga Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, dan menjadi sumber mata pencaharian utama.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close