Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nelayan Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Ikan Asin Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Selasa, 24 Oktober 2023 – 00:01 WIB
Nelayan Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Ikan Asin Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Warga - JPNN.COM
Pelatihan pembuatan ikan asin yang diadakan Komunitas Nelayan Pesisir. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PALI - Komunitas Nelayan Pesisir dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pembuatan ikan asin rumahan bagi para warga di Desa Pandan, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan, pada Senin (22/10).

Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Kabupaten Pali, Soleha mengatakan pelatihan itu menjadi penting karena seringkali hasil tangkapan ikan dapat berlimpah dan dijual dengan prinsip asal habis.

Hal itu mengakibatkan rendahnya nilai jual ikan hasil tangkapan. Untuk mengatasi masalah ini, sukarekawan menggelar pelatihan pembuatan ikan asin sebagai upaya untuk meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan.

Menurut Soleha, pengolahan ikan menjadi ikan asin memiliki potensi nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan menjual ikan segar secara langsung.

"Kami adakan pelatihan pembuatan ikan asin rumahan ini suapaya nilai jual ikan ini tidak menurun, malah bisa mengikatkan nilai hasil jualnya, otomatis akan mensejahterakan nelayan itu sendiri," kata Soleha dalam siaran persnya.

Ketua Nelayan Desa Pandan, Mariko juga menekankan manfaat pelatihan ini bagi para nelayan.

Selain mendukung peningkatan pendapatan, pelatihan ini juga memungkinkan para nelayan laki-laki untuk membantu para istri yang biasanya bertanggung jawab dalam pembuatan ikan asin.

"Membuat ikan asin biasanya oleh para Ibu-ibu, kita hanya mengangkap ikan. Namun dengan adanya pelatihan ini, kita bisa membantu Ibu-ibu apabila nanti membuat ikan asin," kata Mariko.

Sukarelawan Nelayan Pesisir mengadakan pelatihan pembuatan ikan asin untuk tingkatkan kesejahteraan warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close