Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Desain Surat Suara Masih Bisa Berubah

Senin, 22 September 2008 – 21:52 WIB
Desain Surat Suara Masih Bisa Berubah - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA—Desain surat suara yang sementara disimulasikan masih bisa diubah. Dengan catatan desain surat suara harus efisien, mudah, dan akurat, Penegasan tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary.

Hasil simulasi desain surat suara akan menjadi bahan pertimbangan KPU untuk menetapkan surat suara yang digunakan dalam pemilu 2009,” ungkap Hafiz.

Dalam penentuan surat suara, menurut Hafiz, perlu memperhatikan lipatannya juga. Di mana garis lipatan diusahakan tidak mengenai kolom gambar partai dan caleg.

Saat ini simulasi surat suara berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Ia mengatakan dari simulasi ini akan diketahui tingkat kesalahan penandaan surat suara.

Surat suara yang disimulasikan terdiri dari dua bentuk yakni vertikal dan horizontal. Kolom nama dan nomor caleg berada di bawah kolom tanda gambar dan nama partai.

Secara pribadi saya khawatir akan banyak kesalahan dalam penandaan karena kolom nama dan nomor caleg terlalu sempit,” tuturnya. Selain itu, dalam simulasi akan diukur waktu yang dibutuhkan untuk menandai, menghitung hasil, dan rekapitulasi suara. KPU menargetkan pada Oktober desain surat suara telah selesai.

Sementara itu Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Jeirry Sumampow, mengungkapkan jika besar kolom nama dan nomor caleg sama besar dengan kolom nama dan gambar partai, maka pemilih cenderung memilih nama dan nomor caleg.“Bila desain surat suara dengan kolom nama dan nomor caleg yang sempit, akan menyulitkan penghitungan dan menilai keabsahannya,” tukasnya. (esy)

JAKARTA—Desain surat suara yang sementara disimulasikan masih bisa diubah. Dengan catatan desain surat suara harus efisien, mudah, dan akurat,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close