Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Detik-detik 5 Intelijen KKB Pimpinan Egianus Kogoya Digerebek, Tegang

Selasa, 19 September 2023 – 06:53 WIB
Detik-detik 5 Intelijen KKB Pimpinan Egianus Kogoya Digerebek, Tegang - JPNN.COM
Personel TNI-Polri berupaya memadamkan perumahan petugas kesehatan yang dibakar KKB di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (11/9) Foto: ANTARA/HO/Dok Satgas Yonif Raider 300/Bjw

jpnn.com - NDUGA - Lima warga sipil ditangkap aparat Kepolisian Resor Nduga, Papua Pegunungan, Minggu (17/9), karena diduga kuat membantu pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabag Ops Polres Nduga AKP Bayu Pratama Sudirno mengatakan penangkapan lima warga sipil diduga intelijen KKB tersebut dilakukan setelah Satgas Gakkum Damai Cartenz mendapat informasi akurat.

Bayu menjelaskan, kelimanya ditangkap saat berada di salah satu rumah warga berinisial ZK pada Minggu (17/9) malam pukul 21.00 WIT.

"Salah satu dari kelima orang yang kita (Polres Nduga) amankan tersebut terindikasi kuat telah berkomunikasi dengan Army Kogoya pada tanggal 5 September lalu. Dia memberitahukan kepada kelompok KKB untuk mundur karena ada aparat yang naik ke pinggir kali,” ungkap Bayu.

Saat melakukan penangkapan, kata Bayu, pihaknya sempat mendapat perlawanan dari penghuni rumah ZK.

”Sempat ada penolakan dari penghuni rumah, ada cekcok mulut sampai aksi dorong pintu oleh aparat. Namun, setelah kami jelaskan akhirnya kelima warga tersebut berhasil diamankan,” jelas Bayu.

AKP Bayu menjelaskan, penangkapan terhadap lima warga tersebut guna menggali informasi terkait pergerakan kelompok Egianus Kogoya yang saat ini sedang menahan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens.

“Kami sudah meminta keterangan dan salah satu dari mereka mengaku ikut terlibat dengan kelompok KKB Egianus dan pengakuan tersebut juga diperkuat dengan adanya foto dari telepon genggam pelaku yang disita,” jelas Bayu.

Lima warga sipil diduga kuat intelijen KKB pimpinan Egianus Kogoya ditangkap Satgas Gakkum Damai Cartenz di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close