Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Detik-Detik KKB Tembak Mati Pilot, Jasad Dibawa ke Helikopter Lalu Dibakar, Sadis

Selasa, 06 Agustus 2024 – 02:02 WIB
Detik-Detik KKB Tembak Mati Pilot, Jasad Dibawa ke Helikopter Lalu Dibakar, Sadis - JPNN.COM
Kasatgas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani. Foto: Satgas Damai Cartenz

jpnn.com, JAYAPURA - Organisasi Papua Merdeka (OPM) alias kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyandera dan menembak mati pilot Helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning (50) berkebangsaan Selandia Baru, Senin (5/8).

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan organisasi yang berseberangan dengan paham NKRI itu juga membakar Helikopter Jenis IWN, MD.500 ER PK di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada pukul 10:O0 WIT.

"Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh OPM terhadap Mr. Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot Helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service," kata dia melalui siaran pers.

Brigjen Faizal menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi saat helikopter tiba di Distrik Alama Kabupaten Mimika dengan membawa empat penumpang.

Para penumpang helikopter itu terdiri dari dua orang tenaga kesehatan dan satu bayi, serta satu anak dari Bandara Moses Kilangin Timika tujuan Distrik Alama.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan informasi yang diterima oleh saksi berinisial D menjelaskan pada saat helikopter tiba di Distrik Alamanpara, penumpang dan pilot langsung diadang oleh OPM alias KKB.

"Dan saat itu juga pilot Mr. Glen Malcolm Conning langsung dibunuh oleh OPM," katanya.

Kejadian berawal sekitar pukul 09:30 WIT, Helikopter Jenis IWN, MD.500 ER PK milik PT. Intan Angkasa Air Service dengan pilot Mr. Glen Malcolm Conning membawa empat penumpang terbang dari bandara Mosez Kilangin Timika menuju Distrik Alama, Kabupaten Mimika.

Beginilah detik-detik KKB tembak mati pilot berkebangsaan Selandia Baru di Mimika. Korban lalu dibawa ke helikopter dan dibakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA