Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Detik-Detik Tentara Indonesia Usir Tank Merkava Israel

Jumat, 19 Juni 2020 – 18:27 WIB
Detik-Detik Tentara Indonesia Usir Tank Merkava Israel - JPNN.COM
Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP). Foto: Antara

jpnn.com, LEBANON - Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang menjelaskan, bagaimana kronologi pasukannya menghadang tank Israel yang memasuki daerah Blue Line.

Menurut Victor, dalam peristiwa tersebut tentara Indonesia sedang menjalankan misi perdamaian di Lebanon.

"Pada 2 Juni 2020, pasukan kita yang di Lebanon, tentara Garuda kita yang di Lebanon di daerah 'Blue Line' sana menghadang pertikaian antara tentara Lebanon dan tentara Israel," kata Mayjen Victor kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Aksi prajurit TNI di bawah bendera PBB itu terekam dalam video yang disiarkan Lebanese Army dengan durasi satu menit.

Dalam video itu memperlihatkan sejumlah prajurit TNI dengan tenang menghadang Tank Merkava Israel, yang menerobos pagar pembatas kedua negara di "Blue Line", yakni batas netral kedua negara yang terletak di wilayah Adisa, bagian selatan Lebanon.

Victor menjelaskan Indonesia menempatkan satu kompi TNI yang bertugas sebagai pasukan perdamaian di "Blue Line" Lebanon-Israel untuk menjaga perbatasan kedua negara.

"Itu namanya 'Blue Line'. Jadi dulu ada perjanjian yang dibuat oleh PBB namanya 'Blue Line'. Itu perbatasan antara negara Israel dan Lebanon," katanya.

"Pasukan kita satu kompi di sana disiapkan di sana untuk menjaga perbatasan itu. Jadi sehari-hari mereka ada di sana."

Aksi heroik tentara Indonesia dalam Misi Pasukan Perdamaian di Lebanon patut diapresiasi tinggi. Tanpa persenjataan lengkap, 4 personel TNI menghalau tank Merkava Israel yang menerobos Blue Line atau daerah netral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close