Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dewan Usul Mandala Diselamatkan Investor Lokal

Jumat, 14 Januari 2011 – 07:55 WIB
Dewan Usul Mandala Diselamatkan Investor Lokal - JPNN.COM
Ratusan calon penumpang Maskapai penerbangan Mandala Airlines saling dorong dan berteriak meminta pengembalian uang tiket (refund) di kantor Mandala Airlines, Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat kemarin (13/1). Aksi dorong yang mewarnai dalam pengambilan tiket antrian untuk menyerahkan formulir pengembalian tiket dibantu aparat kepolisian. Pihak managemen menyampaikan bahwa kepastian pengembalian tiket penerbangan akan dilakukan setelah 7 hari penyerahan formulir. Foto: Fery Pradolo/INDOPOS
RONTOKNYA Mandala sebagai salah satu maskapai penerbangan nasional, disayangkan oleh DPR RI. Anggota Komisi V dari Fraksi PKS Yudi Widiana Adia mengusulkan agar Mandala bisa diselamatkan melalui tangan investor lokal. "Sebaiknya ada pemerintah daerah yang mau andil menyelamatkan Mandala," kata Yudi kepada wartawan di Jakarta, kemarin (13/1).

Menurut Yudi, kegagalan Mandala untuk mendapatkan investor baru cukup mengejutkan. Sebagai anggota dewan yang mengawasi bidang transportasi, Mandala memiliki kinerja yang bagus. Dari segi kualitas pesawat, maskapai yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Cardig (Indonesia) dan Indigo (Eropa) itu memiliki pesawat yang modern. "Mandala memiliki Airbus A319 dan A320, seharusnya mampu bersaing," kata Yudi.

Indikator lain, adalah kualitas penerbangan nasional yang tengah tumbuh pesat. Jumlah penumpang pesawat rute nasional saat ini terus tumbuh setiap tahun. Kapasitas Mandala sendiri sudah mendapatkan pengakuan. Diantaranya, sertifikat keselamatan IATA atau IATA Operating Safety Audit (IOSA) selain Garuda Indonesia.

Karena itu, Yudi menilai ada kesalahan dalam fungsi pengawasan dan pembinaan pemerintah kepada Mandala. "Jika tidak ada yang salah, mengapa berhentinya operasi penerbangan Mandala begitu mendadak. Seharusnya early warning system (peringatan dini) berfungsi dengan baik," sebutnya.

RONTOKNYA Mandala sebagai salah satu maskapai penerbangan nasional, disayangkan oleh DPR RI. Anggota Komisi V dari Fraksi PKS Yudi Widiana Adia mengusulkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close