Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Forum PDIP, Ahli Ini Sebut Sishankamrata Bisa Diwujudkan Melalui Kedaulatan Pangan

Selasa, 19 September 2023 – 16:00 WIB
Di Forum PDIP, Ahli Ini Sebut Sishankamrata Bisa Diwujudkan Melalui Kedaulatan Pangan - JPNN.COM
Diskusi bertema Inovasi Teknologi dan Kebijakan Politik-Ekonomi Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/9). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dan ahli teknologi budidaya kedelai Ali Zum menyebut sebuah negara bisa dikatakan maju apabila bangsa tersebut punya nasionalisme tinggi demi menciptakan kedaulatan pangan.

Dia mengatakan itu dalam diskusi bertema Inovasi Teknologi dan Kebijakan Politik-Ekonomi Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan yang dilaksanakan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Adapun, diskusi bertema pangan itu menjadi rangkaian prarakernas IV PDI Perjuangan yang nantinya dilaksanakan pada akhir September 2023.

"Pangan itu bukti nasionalisme, karena pangan itu garda terdepan dari kedaulatan suatu bangsa," kata Ali Zum dalam diskusi, Selasa.

Dia bahkan menyebut kedaulatan pangan sebenarnya menjadi satu cara mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta atau Sishankamrata.

Indonesia, kata Ali Zum, bisa menjadi negara yang mampu menyelesaikan Sishankamrata karena negara punya modal mewujudkan daulat pangan.

"Di situ lah Sishankamrata itu terbukti di dalam pangan Indonesia, karena rakyat bisa memproduksi pangan. Hampir di semua daerah bisa di sektor pertanian," lanjut Ali Zum.

Namun, dia merasa prihatin praktik di lapangan belakangan ini masih menunjukkan Indonesia belum selesai mewujudkan kedaulatan pangan.

Di forum PDIP, ahli teknologi budi daya kedelai Ali Zum menyebut kedaulatan pangan sebenarnya menjadi satu cara mewujudkan Sishankamrata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close