Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Jatim, PKB dan PDIP Sungguh Luar Biasa

Selasa, 21 Mei 2019 – 00:05 WIB
Di Jatim, PKB dan PDIP Sungguh Luar Biasa - JPNN.COM
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Humas MPR

jpnn.com, SURABAYA - Perolehan suara PDIP dan PKB pada Pemilu 2019 di Jatim benar-benar mendominasi. Tak hanya menguasai perebutan kursi DPR RI maupun DPRD Jatim, dua parpol itu menguasai perolehan kursi di DPRD kabupaten/kota.

Hal tersebut terlihat dari hasil proyeksi perhitungan kursi berdasar hasil rekapitulasi KPU di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Jika tak ada perubahan signifikan, dua parpol itu menguasai hampir 40 persen dari jatah kursi DPRD tingkat dua di seluruh daerah di provinsi tersebut.

Pada Pemilu 2019 tingkat kabupaten/kota di Jatim, total ada 1.695 kursi DPRD tingkat dua yang diperebutkan di 38 kabupaten/kota.

Dari hasil perhitungan dengan metode sainte lague berdasar rekapitulasi di setiap daerah, PKB diproyeksikan bakal memperoleh 324 kursi atau 19,1 persen.

BACA JUGA: Intelijen Gagalkan Penyelundupan Senjata untuk 22 Mei 2019

Bukan hanya itu. PKB juga menjadi partai terbanyak yang memenangi kontestasi Pemilu 2019 DPRD kabupaten/kota. Parpol itu meraih kemenangan di 17 daerah di Jatim. Karena itu, mereka bakal menempatkan calegnya menjadi ketua DPRD di wilayah-wilayah tersebut.

Sementara itu, PDIP menjadi pemenang kedua untuk perebutan kursi DPRD kabupaten/kota. Parpol tersebut mendapat jatah 316 kursi atau 18,6 persen. Partai itu menjadi peraih kursi terbanyak di 16 kabupaten/kota.

Tak jauh beda dengan pemilu sebelumnya, dua partai tersebut begitu dominan di wilayah yang selama ini jadi basis mereka. Seperti PDIP, yang sangat berjaya di kantong-kantong suara mereka.

Dominasi PDIP dan PKB di Jatim benar-benar terasa dalam Pemilu 2019, mereka mendominasi kursi di DPRD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close