Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Jepara, Showroom Mebel Terpanjang di Dunia

Kamis, 14 Juli 2011 – 18:02 WIB
Di Jepara, Showroom Mebel Terpanjang di Dunia - JPNN.COM
Foto: Kesuma Yuda/JPNN
Seni ukir Jepara mempunyai keunikan tersendiri, yaitu perpaduan antara seni ukir majapahit  dengan seni ukir patih Bandar Duwung yang berasal dari Cina. Industri mebel bagi Indonesia merupakan salah satu komoditi ekspor utama selain minyak dan gas bumi. Mebel Jepara, tidak hanya sebatas komoditi tetapi juga merupakan catatan budaya dari peradaban masyarakat.

Laporan: Kesuma Yuda, Jepara

Saat itu, jam menunjukan pukul 10.00 WIB, kami memulai perjalanan menelusuri kerajinan Seni Ukir, Jepara. Sebuah kabupaten kecil di Provinsi Jawa Tengah. Dengan ditemani oleh Sulthon Al Amin dan Nita Irawati Murjani dari Center For International Fouretry Research (CIFOR), dimulailah perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Aktivitas para pengrajin ukir sudah terlihat saat memasuki jalan Soekarno Hatta, Tahunan  yang merupakan showroom Mebel terpanjang di dunia yang berada di kota asal kelahiran pejuang emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini yang lahir pada 21 April tahun 1879.

Seni ukir Jepara mempunyai keunikan tersendiri, yaitu perpaduan antara seni ukir majapahit  dengan seni ukir patih Bandar Duwung yang berasal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close