Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dialog Papua-Jakarta Jangan Keluar dari UU Otsus

Kamis, 17 Desember 2009 – 06:33 WIB
Dialog Papua-Jakarta Jangan Keluar dari UU Otsus - JPNN.COM
MANOKWARI- Usulan agar segera digelar dialog Papua-Jakarta terus mengalami kemajuan. Menurut Koordiantor Kaukus Parlemen Papua di DPR dan DPD-RI, Paskalis Kosay,format dialog tengah dirancang oleh LIPI (Lembaga Penelitian Indonesia) bersama sejumlah tokoh intelektual Papua yang dikoordinir Neles Tebay. Mantan anggota DPRP ini menilai LIPI dan tokoh intelektual yang dikoordinir Neles Tebay lebih moderat. Dikatakan, yang terpenting dalam dialog tersebut menghilangkan segala kepetingan.

‘’Mereka tidak meminta untuk difasilitasi pihak ketiga. Tapi harus letakkan dulu kepentingan NKRI harga mati atau kepentingan Papua Merdeka harga mati harus diletakkan dulu,’’ tandasnya.

Langkah pertama menuju dialog yang harus dilakukan lanjut Paskalis yakni sesama orang Papua terlebih dahulu berdiskusi menentukan siapa-siapa yang akan mewakili rakyat Papua. Setelah itu,dalam dialog nanti akan dibicarakan membangun Papua seperti apa.’’Jadi,begitu. Konsep ini sedang dipersiapkan oleh LIPI dan kelompok intelektual,’’ ujarnya kepada wartawan di Swiss-belhotel,Manokwari.

Kalau mau menggelar dialog Papua-Jakarta,menurut Paskalis,tidak boleh keluar dari kerangka UU Otsus karena ada penilaian pelaksanaan otonomi khusus semakin terpuruk sebagai akibat inkonsisten pemerintah pusat dan daerah.

MANOKWARI- Usulan agar segera digelar dialog Papua-Jakarta terus mengalami kemajuan. Menurut Koordiantor Kaukus Parlemen Papua di DPR dan DPD-RI,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA