Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dianggap Simulasi Hadapi Malaysia

Rabu, 30 Oktober 2013 – 08:54 WIB
Dianggap Simulasi Hadapi Malaysia - JPNN.COM

jpnn.com - SLEMAN - Timnas U-23 memulai rangkaian uji coba internasional setelah menjalani pemusatan latihan dengan menghadapi Timor Leste di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, malam nanti. Pelatih tim yang diproyeksikan buat SEA Games 2013 itu, Rahmad Darmawan, memastikan bakal ada sedikit perubahan dalam strategi timnya.

Perubahan itu memang harus dilakukan menyusul buruknya kinerja lini depan Garuda Muda sejauh ini. Dalam dua uji coba terakhir, melawan PSS Sleman (menang 1-0) dan Persibat Batang (kalah 1-2), kelemahan di lini penggedor Garuda Muda sangat kentara. Penyelesaian akhir buruk, serangan kurang variasi. Walhasil, gedoran hanya mengandalkan kelebihan teknik individu.

"Tidak akan ada perubahan formasi, 4-2-3-1. Atau, bisa juga 4-3-3. Hanya strategi yang nanti berbeda. Kami ingin pemain lebih disiplin dan tidak timpang saat menyerang ataupun bertahan," ucapnya.

Mengenai sang calon lawan, Rahmad menganggap Timor Leste memiliki permainan setara juara bertahan Malaysia dan tim kuat lain, Thailand. Sebab, menurut dia, skuad Timor Leste yang dibawa ke Sleman bukanlah tim U-23, tapi timnas senior.

Karena itu, dia mengaku masih meraba-raba seberapa besar kekuatan negara yang dulunya merupakan provinsi ke-27 Indonesia tersebut. "Di sana, banyak pemain yang dinaturalisasi dari Brasil dan Portugal. Kami tidak tahu seperti apa mereka sekarang. Kami akan memainkan tim seperti ketika menghadapi Malaysia atau Thailand," ujarnya.

Karena itu, strategi yang akan diterapkan Indonesia nanti merupakan simulasi seandainya di SEA Games bertemu Malaysia, Thailand, atau tim kuat lain. Tapi, Rahmad tetap menitikberatkan bagaimana para pemain bisa memainkan bola dengan tenang dan unggul dalam penguasaan bola.

Saat ini Rahmad menyebut timnya masuk tahap pemantapan strategi setelah sekian lama melakukan seleksi. Dengan pemain yang ada sekarang, Rahmad ingin melihat kerja sama tim yang rapi. Serta, bisa membangun serangan lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam penyelesaian akhir.

Untuk komposisi di lini depan, Rahmad mungkin belum menurunkan pemain baru. Tapi, stok lama yang dipanggil, yakni Yandi Sofyan. Dia ingin mematangkan pemain-pemain yang sebelumnya diplot untuk mengisi lini depan seperti Andik Vermansah.

SLEMAN - Timnas U-23 memulai rangkaian uji coba internasional setelah menjalani pemusatan latihan dengan menghadapi Timor Leste di Stadion Maguwoharjo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA