Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dibangun di Atas Lahan Bekas PKL

Jumat, 08 Juni 2012 – 02:47 WIB
Dibangun di Atas Lahan Bekas PKL - JPNN.COM
Stadion Nasional Warsawa yang menjadi venue opening ceremony merupakan stadion paling megah di Polandia. Foto: Getty Images
STADION Nasional Warsawa yang menjadi venue opening ceremony merupakan stadion paling megah di Polandia. Kapasitasnya bisa menampung 58.500 penonton. Sekarang stadion itu menjadi kebanggaan warga Warsawa, tapi dulu, itu sempat jadi pasar dadakan yang dijejali PKL (pedagang kaki lima) dari Turki dan Vietnam.

       

Lokasinya sangat strategis, hanya berjarak tiga kilometer dari Centrum alias pusat kota. Dekat dengan terminal bus dan stasiun trem Zielenecka. Makanya, sering jadi jujukan para turis dan warga lokal yang menginginkan barang dengan harga murah meriah. Para padagangnya umumnya para imigran.

       

Warga Warsawa menyebutnya sebagai Vernacular atau juga disebut Janmark Europe. PKL di pasar dadakan itu paling banyak berasal dari Vietnam yang biasanya menjual tekstil berharga miring, juga para imigran Turki yang mendominasi penjualan makanan. Disusul kemudian imigran dari Afrika, Tiongkok, dan India.

       

”Kalau mau mencari pakaian dengan harga murah, atau rokok selundupan dari Rusia, dan juga telepon genggam bekas yang oke, biasanya warga lokal atau turis datang ke sana,” Kamil Janek, warga lokal yang Jawa Pos temui di stasiun trem Zielenecka saat mengurus akreditasi di Stadion Nasional Warsawa.

       

STADION Nasional Warsawa yang menjadi venue opening ceremony merupakan stadion paling megah di Polandia. Kapasitasnya bisa menampung 58.500 penonton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA