Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN 2021

Senin, 11 Januari 2021 – 14:08 WIB
Dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN 2021 - JPNN.COM
Jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi yaitu seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) 2021 sudah dibuka. (Ilustrasi). Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto, secara resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi yaitu seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) 2021.

Jalur SNMPN ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi.  

"Meski pendaftarannya online tetap dari tahun ke tahun tren pendaftarnya naik,” ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia Zainal Arief, Senin (11/1).

Selain telah bergabung dalam seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), politeknik juga memiliki jalur seleksi terpisah yang diselenggarakan oleh FDPNI.

Jalur SNMPN ini merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Jika tahun lalu ada 42 Politeknik negeri yang bergabung pada seleksi ini, di tahun ini ada tambahan dua politeknik lagi, yaitu Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Negeri Nunukan. 

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di sekolah lanjutan tingkat atas. 

"Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut  menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut,”imbuh Zainal yang juga Direktur PENS ini.

Kemendikbud membuka jalur penerimaan mahasiswa baru lewat seleksi nasional masuk politeknik negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close