Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Didampingi Rumah BUMN SIG, Ummi Salamah Bisa Jual Jamu Hingga Mancanegara

Sabtu, 13 Januari 2024 – 03:29 WIB
Didampingi Rumah BUMN SIG, Ummi Salamah Bisa Jual Jamu Hingga Mancanegara - JPNN.COM
Ummi Salamah (tengah) pemilik usaha Akar Jawi, menjadi narasumber dalam talk show Bazar UMKM untuk Indonesia di Gedung Sarinah, Jakarta. Foto dok SIG

jpnn.com, REMBANG - Komitmen PT Semen Indonesia (SIG) dalam memajukan UMKM, terus melahirkan pengusaha sukses.

Salah satunya seperti Ummi Salamah, produsen jamu Akar Jawi yang mendapat pembinaan dan pendampingan Rumah BUMN (RB) yang dikelola PT Semen Gresik sebagai anak usaha SIG di Rembang, Jawa Tengah.

Warga Pamotan, Rembang, Jawa Tengah tersebut merintis usaha Akar Jawi pada 2011.

Adapun bahan resep minuman rempah diperoleh dari ibu mertua yang berprofesi sebagai penjual jamu, kemudian disesuaikan dengan selera lidah masyarakat Rembang.

Mulanya, Ummi Salamah menjalankan usaha Akar Jawi untuk mengisi waktu luang. Kemudian pada 2020, dia mendapat informasi tentang RB Rembang dan memutuskan untuk bergabung.

“Awalnya saya titip produk untuk dijual di RB Rembang, syukurlah hasil penjualannya memuaskan. Saya juga dapat pendampingan pemasaran, pembukuan, membuat database pelanggan, sampai diajak ke pameran-pameran yang menambah pengalaman dan membuat produk saya dikenal luas. Produk minuman rempah Akar Jawi yang diikutsertakan dalam pameran Tong Tong Fair di Belanda pada 2022 lalu habis terjual,” papar Ummi Salamah.

Keseriusan dalam mengembangkan usaha membuahkan hasil. Saat ini, Akar Jawi telah jauh berkembang. Dibantu oleh 3 karyawan dalam proses produksi dan pemasaran di rumah produksi “Omah Jamu Iqtaja”.

Akar Jawi telah memproduksi beragam varian minuman rempah, meliputi kunyit asem, jahe merah, kunyit, kunyit putih, temu lawak, jahe sereh, dan wejeh (jamu pelancar ASI).

Produsen jamu Akar Jawi mendapat pembinaan dan pendampingan Rumah BUMN (RB) yang dikelola PT Semen Gresik sebagai anak usaha SIG di Rembang, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close