Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dieng Culture Festival 2024: Pesona Budaya Negeri di Atas Awan

Selasa, 27 Agustus 2024 – 14:25 WIB
Dieng Culture Festival 2024: Pesona Budaya Negeri di Atas Awan - JPNN.COM
Salah satu penampilan di Dieng Culture Festival. Foto: source for JPNN

jpnn.com - WONOSOBO - Dieng Culture Festival (DCF) 2024 yang digelar di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, kembali menyuguhkan perpaduan unik antara keindahan alam pegunungan, suhu dingin khas dataran tinggi, dan kekayaan budaya masyarakat setempat.

DCF 2024 mengusung tema "Back to The Journey" untuk mengajak pengunjung menyusuri perjalanan panjang sejarah dan budaya masyarakat Dieng.

Tema ini merefleksikan upaya untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya yang telah diwariskan turun-temurun.

Konsep festival dirancang untuk melibatkan masyarakat secara aktif, baik sebagai pelaku maupun penonton.

Berbagai kegiatan budaya, seni, dan pertunjukan digelar, mulai dari pertunjukan musik tradisional, tarian, hingga upacara adat. Selain itu, terdapat pula berbagai pameran kerajinan tangan, kuliner khas, dan produk UMKM lokal.

Pada pelaksanaannya, DFC 2024 turut melibatkan masyarakat lokal dan wisatawan lokal hingga mancanegara untuk melakukan aksi sosial di kawasan Dieng dalam bentuk aksi bersih-bersih, mulai dari jalanan desa, lokasi wisata, hingga kawasan utama gelaran DCF 2024.

DCF 2024 juga dimeriahkan Pentas Seni Tradisi, dengan penampilan sendratari, Jamasan dan Ruwat Anak Rambut Gembel, Festival Domba Batur, dan Kongkow Budaya. Acara yang juga menjadi highlight pun digelar dalam rangkaian event ini, yaitu Jazz Atas Awan di Lapangan Pandawa.

Dikta dan Danilla Riyadi menjadi hidden guest star yang tampil di hadapan ribuan pengunjung yang datang. Penonton juga menikmati hiburan yang dihadirkan oleh Novia Bachmid dan Alffy Rev.

Konsep Dieng Culture Festival 2024 dirancang untuk melibatkan masyarakat secara aktif, baik sebagai pelaku maupun penonton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA