Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Digitalisasi Berperan Penting dalam Kemajuan UMKM

Kamis, 21 Maret 2024 – 11:40 WIB
Digitalisasi Berperan Penting dalam Kemajuan UMKM - JPNN.COM
Managing Director of the KIT Knowledge Unit Mayada El-Zoghbi menyatakan bahwa pertumbuhan digital ekonomi yang terjadi di seluruh dunia kian berkembang pesat. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Managing Director of the KIT Knowledge Unit Mayada El-Zoghbi menyatakan bahwa pertumbuhan digital ekonomi yang terjadi di seluruh dunia kian berkembang pesat.

Hal itu diungkapkan Mayada saat menjadi pembicara dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024, beberapa waktu lalu. KIT Royal Tropical Institute merupakan pusat studi independen bagi para expert yang berfokus pada sustainable economic development, global health, gender.

Ada pun di Indonesia, pertumbuhan digitalisasi dibuktikan oleh jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 202,6 juta pengguna dan 64 persen dari total penduduk Indonesia juga sudah memiliki ponsel.
“Sebanyak 89 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu telepon, lalu dua juta UMKM menggunakan e-commerce, dan 90 persen pedagang telah mengadopsi pembayaran QRIS,” ujar Mayada El-Zoghbi.

Dalam hal ini, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Digitalisasi memainkan peran kunci dalam pemberdayaan dan membangun keberlanjutan usaha.

Pasalnya, bisnis di Indonesia mayoritas UMKM, bahkan berkontribusi 60 persen terhadap PDB.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari juga mengungkapkan bagi BRI, digitalisasi menjadi salah satu pondasi transformasi digital yang selama ini dilakukan. Sepanjang 2023, tercatat sebesar 99 persen dari total transaksi BRI dilakukan melalui kanal digital.

Dia menyebut pemanfaatan teknologi digital mampu menjangkau pelaku usaha secara masif untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas pelaku usaha, efisiensi operasional hingga membukakan akses pasar yang lebih luas.

“Pendekatan holistik program pemberdayaan BRI disesuaikan dengan kebutuhan UMKM menjadi kunci penting dalam mengurai kompleksnya permasalahan pengembangan usaha mikro,” ujarnya.

Managing Director of the KIT Knowledge Unit Mayada El-Zoghbi menyatakan bahwa pertumbuhan digital ekonomi yang terjadi di seluruh dunia kian berkembang pesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close