Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dihadang Cuaca Buruk, Heli JK Balik Kucing

Senin, 01 November 2010 – 05:42 WIB
Dihadang Cuaca Buruk, Heli JK Balik Kucing - JPNN.COM
BANTUAN LEWAT UDARA: Pasukan TNI mengirim bantuan lewat udara kepada korban gempa dan tsunami di Muntei Baru Baru,Pagai Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Minggu (31/10). Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
PADANG -- Kemarin (31/10) Ketua PMI Jusuf Kalla juga mengunjungi lokasi bencana di Mentawai. Tiga unit helikopter juga dibawa serta oleh mantan Wapres itu untuk mengevakuasi korban dan mendistribusikan bantuan ke pulau-pulau terpencil. JK juga mengerahkan lima dokter spesialis dan bantuan medis lain untuk korban bencana tsunami. "Saya sudah mempersiapkan posko bantuan PMI bagi korban tsunami di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, kami harap Pemda dapat berkoordinasi dengan baik. Sehingga, penyaluran bantuan dapat berjalan lancar," ujarnya.

Menurutnya, helikopter dari Mukomuko hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 30 menit menuju Mentawai. Sementara dari Padang, Sumatra Barat, helikopter membutuhkan waktu 90 menit ke lokasi bencana. PMI juga memobilisasi bantuan melalui kapal. JK yang tiba sekitar pukul 11.00 WIB berencana untuk mengunjungi lokasi bencana dengan helikopter PMI. Namun, ketika hendak lepas landas, awan hitam dan hujan tiba-tiba datang. Akhirnya, rombongan yang sudah bersiap di dalam heli terpaksa turun. "Kena juga saya, inilah cuaca, tidak bisa diprediksi" ujar JK ketika turun dari heli lantas tersenyum. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya JK memutuskan untuk terbang kembali ke Mukomuko.

PMI mendistribusikan 1.117 tenda, 11 ribu terpal, 500 selimut dan 500 family kit yang diwadahi karung yang masing-masing berisi tikar, periuk, senter, 15 batang sabun mandi, 2 kg sabun cuci, 2 botol sampo, 10 helai pembalut wanita, 5 masing-masing piring, sendok, gelas, cangkir dan handuk, 3 sarung dan 2 selimut.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memobilisasi transportasi 3 kapal Landing Craft Tank (LCT). Kapal itu bisa dibuka tanpa memerlukan dermaga karena bawahnya datar dan langsung bisa merapat. Ada KN 022 dari Pelabuhan Sibolga, Sumut, KN 027 sudah ada di Padang, Sumbar dan LCT Jayanti yang statusnya disewa.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Paulinus Sabelepangulu mengatakan bantuan ke posko bencana di Sikakap sudah banyak yang berdatangan setiap hari, namun badai dan hujan lebat serta gelombang tinggi hampir terjadi sepanjang hari.

PADANG -- Kemarin (31/10) Ketua PMI Jusuf Kalla juga mengunjungi lokasi bencana di Mentawai. Tiga unit helikopter juga dibawa serta oleh mantan Wapres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close