Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dihantam Banjir Bandang, 2 Jembatan di Ciranjang Cianjur Putus

Senin, 01 Mei 2023 – 20:00 WIB
Dihantam Banjir Bandang, 2 Jembatan di Ciranjang Cianjur Putus - JPNN.COM
Jembatan penghubung antar kecamatan di Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, rusak akibat dihantam banjir, sehingga arus lalulintas hanya diberlakukan satu arah, Senin (1/5/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri).

jpnn.com - CIANJUR - Dua jembatan penghubung utama antarkecamatan di Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, putus dan rusak berat akibat dihamtam banjir bandang, Senin (1/3).

Dua jembatan itu tidak bisa dilalui, sehingga pengguna jalan diarahkan ke jalur alternatif.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengatakan banjir bandang yang melanda Kecamatan Ciranjang dan Bojongpicung yang terjadi akibat air Sungai Ciranjang meluap, membuat sejumlah fasilitas umum termasuk jembatan permanen dan gantung rusak berat.

Baca Juga:

"Untuk jembatan gantung tidak dapat dilalui sama sekali karena tali sling putus di beberapa bagian, sehingga aktivitas warga di kedua wilayah terhambat karena warga harus mencari jalur alternatif yang jaraknya lebih jauh," katanya di Cianjur, Senin (1/5).

Dia menambahkan jembatan permanen antarkecamatan di Desa Ciranjang sepanjang 80 meter mengalami rusak berat terutama di bagian landasan dan tiang penyangga yang tergerus banjir, sehingga arus kendaraan yang melintas hanya dapat dilalui satu jalur.

Rusaknya kedua jembatan tersebut, termasuk jembatan permanen penghubung Kecamatan Ciranjang dan Bojongpicung di Desa Ciranjang yang saat ini hanya dapat dilalui bergantian satu jalur, sudah dilaporkan ke Dinas PUPR Cianjur agar segera dilakukan perbaikan.

"Kami juga mencatat tiga bangunan sekolah dan satu tempat ibadah rusak akibat dihantam derasnya air bah. Untuk kerusakannya sudah dilaporkan ke dinas terkait di Pemkab Cianjur, agar dapat dilakukan tindakan cepat untuk perbaikan," katanya.

Kepala Desa Ciranjang Deden Efendi mengatakan pihaknya berharap perbaikan jembatan permanen dan gantung yang rusak akibat banjir dapat segera dilakukan karena keduanya merupakan akses terdekat warga untuk sampai ke pusat kecamatan dan Pasar Ciranjang.

Dua jembatan penghubung utama antarkecamatan di Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, putus dan rusak berat akibat dihamtam banjir bandang, Senin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close