Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dijauhi Blok Barat, China Rayu Tetangga Australia dengan Janji Peluang Ekonomi

Minggu, 26 Maret 2023 – 17:26 WIB
Dijauhi Blok Barat, China Rayu Tetangga Australia dengan Janji Peluang Ekonomi - JPNN.COM
Anggota Biro Politik Komite Tetap Partai Komunis China (CPC) Wang Yi (kanan) bertemu Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta di Beijing, China, Jumat (24/3/2022). Foto: ANTARA/Xinhua

jpnn.com, BEIJING - Ketegangan yang terus memburuk antara China dengan negara-negara Blok Barat tak membuat Selandia Baru enggan menjalin kerja sama dengan Negeri Tirai Bambu.

Hal itu terbukti dari kunjungan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta ke Beijing pekan ini.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, China pun langsung menjanjikan berbagai peluang kerja sama ekonomi kepada negara tetangga Australia itu.

"Modernisasi China akan menghasilkan berbagai peluang baru bagi Selandia Baru dan negara-negara lain di dunia," kata Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Partai Komunis China (CPC) Wang Yi saat menerima kunjungan Menlu Nanaia Mahuta di Beijing, Jumat (24/3).

Menurut dia, kedua belah pihak bisa memanfaatkan peluang bagus seperti Pembaruan Protokol Kesepakatan Perdagangan Bebas China-Selandia Baru dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral.

"Kami mengakui Selandia Baru merupakan mitra kerja sama penting kami dan kami sangat yakin bisa menjaga stabilitas hubungan China-Selandia Baru," kata mantan Menlu China yang kini tercatat sebagai anggota Biro Politik Komite Tetap CPC itu.

Wang mengutarakan harapannya agar kedua negara bisa meningkatkan rasa saling percaya dan mendorong kerja sama praktis pada level yang baru.

Sementara itu, Menlu Mahuta berharap bisa meningkatkan kerja sama dengan China di berbagai bidang dan memperat hubungan bilateral hingga 50 tahun mendatang.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, pemerintah China pun langsung menjanjikan berbagai peluang kerja sama ekonomi kepada negara tetangga Australia itu.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close