Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diluncurkan Erdogan, Mobil Nasional Turki Kok Mirip Bikinan Tiongkok?

Selasa, 31 Desember 2019 – 20:54 WIB
Diluncurkan Erdogan, Mobil Nasional Turki Kok Mirip Bikinan Tiongkok? - JPNN.COM
TOGG, SUV pertama Turki. Foto: Motor1

jpnn.com, ISTANBUL - Turki meresmikan proyek mobil nasional TOGG setelah menunggu sejak 60 tahun silam. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (27/12) lalu meluncurkan prototipe mobil listrik yang diproduksi di dalam negerinya.

Erdogan dengan bangga memperkenalkan dua jenis kendaraan sekaligus. Yang pertama adalah model SUV yang memang tengah laris manis di pasaran dan kedua adalah sedan.

Erdogan meluncurkan produk itu dalam sebuah acara di Gebze, kawasan jantung industri barat laut Turki. “Hari ini, kita bersama-sama menyaksikan sejarah baru di mana kita mencapai mimpi 60 tahun bersama Turki,” kata Erdogan berbicara pada upacara peluncuran mengutip Dailymail.

Mobil ini diproduksi Automobile Joint Venture Group atau TOGG Turki, merupakan gabungan dari lima perusahaan. Didirikan pada tahun 2018 oleh lima kelompok industri, yaitu Anadolu Group, BMC, Kok Group, Turkcell, dan Zorlu Holding. Turki turut melibatkan perusahaan desain Italia Pininfarina yang juga membantu mobnas Vietnam.

Pimpinan TOGG, Gürcan Karakas, menyatakan bahwa dua mobil kebanggaannya tersebut memiliki dua model motor listrik, masing-masing dengan sumber tenaga 200 HP (horse power) atau versi lebih besar dengan tenaga mencapai 400 HP. Versi dengan baterai yang lebih besar diklaim mampu dipacu dari nol hingga 100 km/jam dalam 4,8 detik.

Mobil ini juga ingin menyaingi Tesla dengan klaim mampu menempuh jarak hingga lebih dari 500 KM dan baterainya bisa diisi ulang hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Sementara untuk model kedua, bisa melakukan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 7,6 detik dan dengan jarak tempuh mencapai kurang lebih 300 KM. Namun belum jelas dua mesin itu akan diadopsi untuk model yang mana saja.

Pemerintah Turki menginvestasikan senilai total 22 miliar lira atau Rp 51,5 triliun. Target produksi awal sekitar 175.000 unit per tahun dalam 13 tahun ke depan. Sementara untuk produksi massal pertama direncanakan pada 2022.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (27/12) lalu meluncurkan prototipe mobil listrik yang diproduksi di dalam negerinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close