Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dinilai Belum Tepat Sasaran, Subsidi BBM Harus Dievaluasi

Sabtu, 24 Desember 2022 – 14:11 WIB
Dinilai Belum Tepat Sasaran, Subsidi BBM Harus Dievaluasi - JPNN.COM
Diskusi yang digelar oleh Gerakan Mahasiswa Perubahan Sumatera Utara bertajuk Subsidi Tepat Sasaran dan Akselerasi Pemerataan Pembangunan, di Medan, Sumatera Utara, Jumat (23/12). Foto: Dok Gerakan Mahasiswa Perubahan Sumatera Utara

jpnn.com, JAKARTA - Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menyebut total keseluruhan subsidi BBM Solar hanya lima persen yang dinikmati oleh rumah tangga miskin, Pertalite hanya dinikmati 20 persen oleh rumah tangga miskin.

Area Manager Communication, Ralation & CSR Sumbagut PT. Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria mengatakan BBM subsidi banyak dinimati oleh kalangan masyarakat mampu.

"Pemberian subsidi BBM dapat memberikan efek positif seperti pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, pemerataan ekonomi dan peningkatan pertumbuhan ekonomi," kata August.

Hal itu dikatakan August dalam diskusi yang digelar oleh Gerakan Mahasiswa Perubahan Sumatera Utara bertajuk Subsidi Tepat Sasaran dan Akselerasi Pemerataan Pembangunan, di Medan, Sumatera Utara, Jumat (23/12).

Menurutnya, pemberian subsidi layaknya dua mata koin. Kebijakan ini yidak hanya memiliki dampak positif tetapi juga dampak negatif, karena akan menimbulkan pelebaran defisit fisikal.

Oleh karena itu, subsidi harus dilakukan dengan tepat sasaran dengan optimalisasi anggaran negara bagi belanja produktif.

“Oleh sebab itu, pemberian subsidi BBM harus dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan masalah, dalam hal ini pemerintah harus berusaha mencari cara agar ketepatan subsidi dapat berjalan," ungkapnya.

Pemerintah juga harus menerbitkan kebijakan subsidi BBM secara tepat sasaran. Sebab, secara umum permintaan energi di Asia Tenggara akan tumbuh sampai dengan 60 persen dari 2018 sampai dengan 2040.

Susenas menyebut total keseluruhan subsidi BBM Solar hanya lima persen yang dinikmati oleh rumah tangga miskin, Pertalite hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close