Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirjen Bina Adwil Pimpin Delegasi RI di Forum Sosek Malindo, Bahas Isu-isu Perbatasan

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 09:39 WIB
Dirjen Bina Adwil Pimpin Delegasi RI di Forum Sosek Malindo, Bahas Isu-isu Perbatasan - JPNN.COM
Dirjen Bina Adwil Kemendagri Dr. Safrizal ZA, M.Si (tengah) memimpin Delegasi Indonesia pada persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang, Malaysia, Kamis (19/10). Foto: Humas Ditjen Bina Adwil

jpnn.com - PAHANG - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil) Kemendagri Dr. Safrizal ZA, M.Si, memimpin Delegasi Indonesia pada Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo pada Kamis (19/10/2023) di Pahang, Malaysia.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menghadiri acara tersebut dalam kapasitasnya sebagai Ketua Kelompok Kerja (KK) Sosial Ekonomi (Sosek) Indonesia.

Delegasi Indonesia terdiri dari Kementerian/Lembaga seperti Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), unsur TNI dan pemerintah daerah yang memiliki perbatasan dengan Malaysia, yaitu Ketua KK Sosek Malindo Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

"Persidangan ini diselenggarakan secara langsung setelah pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara virtual. Diharapkan persidangan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan hubungan persaudaraan di antara kedua negara dalam mencapai solusi bersama untuk isu-isu sosial ekonomi terkini di kawasan perbatasan" ungkap Safrizal.

Kegiatan ini dibuka oleh Hamzah bin Ishak Timbalan Ketua Pengarah Keselamatan Negara, Majlis Keselamatan Negara selaku Ketua JKK Sosek Malaysia, bersama dengan Delegasi Malaysia.

Delegasi Malaysia terdiri dari Majlis Keselamatan Negara, Pejabat Kerajaan Negeri Sabah, Pejabat Negeri Melaka, UPEN Sarawak, Polis Diraja Malaysia, Jabatan Imigresen Malaysia, Jabatan Pengangkutan Jalan, Angkatan Tentara Malaysia, Kementerian Kesehatan Malaysia, dan Kementerian Dalam Negeri Malaysia.

Dalam sambutannya, Safrizal selaku ketua Kelompok Kerja Sosek Indonesia mewakili seluruh delegasi Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan keramahan yang diberikan Delegasi Malaysia yang dipimpin Hamzah bin Ishak beserta jajarannya kepada delegasi Indonesia.

"Terkait hubungan bilateral Indonesia-Malaysia yang erat selama ini, terlebih hubungan yang sangat baik antara Presiden RI dan PM Malaysia, yang terlihat dalam tercapainya kesepakatan Border Cross Agreement (BCA) dan Trade Border Agreement (TBA) beberapa waktu lalu, maka forum JKK/KK Sosek Malindo memiliki peran strategis dalam menindaklanjuti kesepakatan tersebut serta merefresh pelaksanaan kerja sama antar provinsi/negeri kedua negara di Kawasan Perbatasan,” kata Safrizal.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA memimpin delegasi Indonesia dalam persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Pahang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close