Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirjen Dukcapil Janjikan Umrah Gratis untuk Camat, Tetapi Ada Syaratnya Loh..

Rabu, 30 Oktober 2019 – 20:46 WIB
Dirjen Dukcapil Janjikan Umrah Gratis untuk Camat, Tetapi Ada Syaratnya Loh.. - JPNN.COM
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah menyerahkan KTP Elektronik kepada warga di Gorontalo. Foto : Antara

jpnn.com, GORONTALO - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di Gorontalo, berjanji akan memberikan hadiah berupa umrah gratis bagi camat di kecamatan pertama di daerah itu yang menuntaskan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Ini disampaikan Dirjen setelah sebelumnya meluncurkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) dan Dukcapil Go Digital se-Provinsi Gorontalo di Kabupaten Pohuwato, Selasa (29/10).

“Ini janji saya, untuk pak camat yang pertama tuntas KTP Elektronik, akta kelahiran, kartu keluarga, dan tuntas Kartu Identitas Anak akan saya berangkatkan umrah gratis,” ujar Zuda, Rabu.

Dirjen sebelumnya juga menyerahkan penghargaan kepada delapan desa di Kabupaten Pohuwato yang telah tuntas Adminduk, di antaranya Desa Soginti dan Desa Molamahu di Kecamatan Paguat, serta Desa Karangetan dan Desa Padengo di Kecamatan Dengilo.

Zudan berharap, tuntasnya Adminduk di tingkat desa tersebut dapat dilanjutkan ke tingkat kecamatan.

“Ini untuk pertama kalinya saya menyerahkan penghargaan kepada kepala desa yang tuntas perekaman KTP Elektronik, tuntas akta, tuntas kartu keluarga, dan tuntas Kartu Identitas Anak. Terima kasih, saya kagum, salut dan hormat, karena tanpa peran kepala desa ini tidak akan terwujud," ungkapnya.

Zudan menambahkan GISA dan Dukcapil Go Digital merupakan upaya untuk menuju Single Identity Number, yaitu satu penduduk hanya memiliki satu Nomor Identitas Penduduk (NIK).

Penggunaan NIK akan menjadi basis data dalam berbagai pelayanan publik oleh berbagai lembaga, seperti halnya dalam penyaluran bantuan sosial, pembuatan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Nasional, serta pembuatan Surat Izin Mengemudi.

Dalam kunjungan ke Gorontalo Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menjanjikan umrah gratis untuk camat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close