Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirut BRI: UMKM Menjaga Pertumbuhan Ekonomi

Minggu, 19 Juli 2020 – 16:42 WIB
Dirut BRI: UMKM Menjaga Pertumbuhan Ekonomi - JPNN.COM
Direktur Utama BRI Sunarso. Foto tangkapan layar Webinar/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Hadirnya DigiKU menjadi nafas segar bagi para UMKM. Di mana para UMKM bisa mendapatkan pinjaman dana yang telah terkoneksi digital (Merchant e-Commerce).

Ketua Umum Himbara Sunarso mengatakan kerja sama dalam produk DigiKU merupakan penguatan kerja sama yang dijalin bank plat merah dan beberapa platform digital lainnya, seperti Tokopedia dan Shopee.

Adapun fasilitas KUR yang ditawarkan hingga maksimal Rp50 juta, dengan tenor maksimal 3 tahun.

Menurut Sunarso, langkah ini sebagai komitmen BRI untuk mengakselerasi penyaluran KUR di tengah tekanan pandemi Covid-19 dan sebagai respon dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

"99 persen entitas bisnis di Indonesia adalah UMKM dengan kontribusi kepada PDB mencapai 60,8% dan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. Karenanya, betapa pentingnya UMKM ini jika kita ingin menjaga pertumbuhan ekonomi," jelas dirut BRI ini saat peluncuran produk DigiKU secara daring pada Jumat (17/7) lalu.

Melalui produk ini, lanjutnya, pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal dengan proses yang cepat dan fully digital. Untuk besarannya sendiri, para merchant bisa memperoleh tambahan modal hingga Rp20 juta dengan tenor atau jangka waktu pinjaman mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Sunarso mengungkapkan, penyerapan permodalan untuk UMKM harus dipercepat guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional seperti saat ini.

“Inovasi digital yang dilakukan Himbara seperti ini diharapkan bisa memperluas akses permodalan bagi UMKM,” harap Sunarso.

Dirut BRI Sunarso menuturkan kehadiran UMKM tak bisa dipungkiri sudah menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close