Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirut RSCM Bantah Omongan Prabowo soal Selang Cuci Darah

Kamis, 03 Januari 2019 – 07:09 WIB
Dirut RSCM Bantah Omongan Prabowo soal Selang Cuci Darah - JPNN.COM
Prabowo Subianto. Foto: Instagram prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut selang cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dipakai hingga 40 kali, menuai kontroversi.

Prabowo menyampaikan hal itu saat menyampaikan pidato akhir tahun di rumahnya, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12) dan videonya diunggah di akun resmi Facebook-nya.

Semula, Prabowo mengkritik berbagai isu yang menjadi persoalan bangsa, mulai dari kekayaan mengalir ke luar negeri sampai pada sektor kesehatan. Dalam bidang kesehatan ini, dia lantas mengkritik alat kesehatan yang dinilainya tak layak.

"Saya dapat laporan di RSCM, ada alat pencuci ginjal, seharusnya itu punya saluran-saluran dari plastik, dari karet, dan tentunya dipakai satu orang satu kali. (Tapi) saya dengar ada yang melaporkan kepada saya di RSCM hari ini dipakai 40 orang," kata Prabowo.

Dia menilai, pengunaan alat kesehatan yang digunakan berkali-kali sangat berbahaya. Dia bilang, seseorang yang semula hanya menderita gagal ginjal, dapat terinfeksi penyakit lainnya. Sebab, alat cuci darahnya digunakan oleh beberapa orang.

"Jadi, kalau ke RSCM, alat dipakai 40 orang, dia bisa dapat macam-macam penyakit. Hepatitis A, B, C, dia bisa dapat malaria, dia bisa dapat HIV. Menurut saya, negara kita ini gagal melayani rakyat," tutupnya.

Merespons pidato Prabowo itu, Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Lies Dina Liastuti langsung angkat bicara. RSCM, kata dia, selalu menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien, begitu pula dengan pelayanan cuci darah.

"Pelayanan hemodialisis (cuci darah) di RSCM menggunakan selang dan dialiser satu kali pakai," kata Dina dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (2/1).

Prabowo Subianto menyebut selang cuci darah di RSCM dipakai hingga 40 kali, dibantah Dirut RSCM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close