Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Disanksi Amerika, Turki Tak Kapok Beli Senjata Rusia

Kamis, 17 Desember 2020 – 23:58 WIB
Disanksi Amerika, Turki Tak Kapok Beli Senjata Rusia - JPNN.COM
Senjata penghalau rudal S-400 milik Rusia. Foto: Reuters

jpnn.com, ANKARA - Turki tidak akan membatalkan pembelian sistem pertahanan anti rudal S-400 buatan Rusia dan mengatakan akan melakukan pembalasan setelah mengevaluasi sanksi Amerika Serikat terkait transaksi tersebut, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Kamis.

Amerika Serikat pada Senin (14/12) menjatuhkan sanksi terhadap Direktorat Industri Pertahanan Turki (SSB), Direktur SSB Ismail Demir, dan tiga pegawai SSB, terkait pembelian S-400.

Turki menyebut sanksi itu sebagai "kesalahan besar".

Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan pada Rabu (16/12) mengatakan sanksi itu merupakan "serangan" terhadap industri pertahanan Turki. Menurut Erdogan, sanksi itu ditakdirkan untuk gagal menghambat kemajuan Turki.

Cavusoglu, saat diwawancarai oleh Kanal 24, mengatakan Turki tidak akan tunduk terhadap sanksi CAATSA karena pembelian alat pertahanan itu dilakukan sesuai dengan aturan undang-undang.

Menlu Turki menambahkan kebijakan AS merupakan serangan terhadap kedaulatan Turki dan tidak akan berpengaruh terhadap Ankara.

CAATSA atau Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Serikat melalui Sanksi merupakan produk hukum yang ditetapkan oleh Kongres AS dan berlaku sejak 2017.

CAATSA juga diberlakukan demi mencegah negara-negara membeli alat pertahanan dan senjata dari Rusia dan lawan-lawan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lainnya.

Turki tidak akan membatalkan pembelian sistem pertahanan anti rudal S-400 buatan Rusia dan mengatakan akan melakukan pembalasan setelah mengevaluasi sanksi Amerika Serikat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close