Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dispangtang Optimistis Produksi Padi di Purwakarta Bisa Perkuat Stok Beras Nasional

Rabu, 27 Juli 2022 – 12:17 WIB
Dispangtang Optimistis Produksi Padi di Purwakarta Bisa Perkuat Stok Beras Nasional - JPNN.COM
Dispangtang Purwakarta Sri Jaya Midan mengatakan produksi padi yang berlangsung pada Juli dan Agustus 2022 dipastikan bisa memperkuat stok beras. Foto: Kementan

jpnn.com, PURWAKARTA - Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtang) Kabupaten Purwakarta Sri Jaya Midan mengatakan produksi padi yang berlangsung pada Juli dan Agustus 2022 dipastikan bisa memperkuat stok beras nasional.

Pasalnya, pada musim gadu (musim kemarau I) diperkirakan panen padi seluas 12.058 hektar dengan produksi 80.547 ton gabah kering giling (GKG) setara dengan 51.639 ton beras.

“Hingga Rabu 27 Juli 2022 telah masuk 40 data ubinan dari 38 kelompok tani yang tersebar di 17 kecamatan," kata Sri Jaya Midan, Rabu.

Dia menambahkan sari data-data yang masuk, diketahui rata-rata produktivitas padi Kabupaten Purwakarta sebesar 6,68 ton perhektar GKG.

"Produktivitas padi terendah 4,59 ton perhektar GKG dan produktivitas tertinggi 8,53 ton perhektar GKG," ungkapnya.

Sri menuturkan pada Juli dan Agustus merupakan puncak panen padi musim gadudi Kabupaten Purwakarta.

Sejak 2 Minggu lalu, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta melalui para penyuluh pertanian dan petugas POPT (pengendali organisme pengganggu tanaman) melaksanakan pendampingan panen di berbagai tempat.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) sedang melaksanakan lomba produktivitas tanaman pangan tingkat nasional bagi kelompok tani.

Dispangtang Purwakarta Sri Jaya Midan mengatakan produksi padi yang berlangsung pada Juli dan Agustus 2022 dipastikan bisa memperkuat stok beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close