Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Distan: Kerugian Lahan Puso di Kudus Capai Rp20 Miliar

Senin, 22 Februari 2021 – 22:18 WIB
Distan: Kerugian Lahan Puso di Kudus Capai Rp20 Miliar - JPNN.COM
ahan tanaman padi yang tergenang banjir dan berpotensi puso di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Foto: Antara

jpnn.com, KUDUS - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat potensi kerugian tanaman padi puso akibat banjir mencapai Rp20 miliar.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Catur Sulistyanto mengatakan, kerugian cukup besar karena luas lahan yang mencapai ribuan hektare.

"Potensi kerugian sebanyak itu, setelah kami menghitung dari total luas 3.010 hektare tanaman padi petani yang puso setelah lama tergenang banjir," ujarnya di Kudus, Senin (22/2).

Dia menjelaskan, besar kecilnya potensi kerugian ditentukan oleh dengan umur tanaman. Pada lahan dengan usia tanaman kurang dari 60 hari kerugian berkisar Rp7,5 juta per hektare.

"Lahan dengan usia tanaman lebih dari 60 hari potensi kerugiannya bisa mencapai Rp15 juta per hektare," ujar dia.

Berdasarkan data di lapangan, kata dia, banyak tanaman yang mendekati usia panen.

Dia mencatat lahan tanaman padi puso tersebar di sejumlah desa yang berasal dari Kecamatan Jati, Mejobo, Kaliwungu, Jekulo dan Undaan dengan luas bervariasi.

"Tanaman padi petani yang puso sudah diajukan bantuan benih kepada Pemerintah Pusat sehingga petani tidak perlu khawatir kesulitan permodalan untuk menanam kembali," ungkap dia.

Dinas Pertanian dan Pangan Kudus mencatat kerugian akibat puso di wilayahnya mencapai Rp20 miliar. Adapun luas lahan yang ditimpa puso seluar 3.010 hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close