Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi, Eks Kadis Pertanian Banyuasin Langsung Ditahan

Senin, 12 Desember 2022 – 23:42 WIB
Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi, Eks Kadis Pertanian Banyuasin Langsung Ditahan - JPNN.COM
Eks Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin Zainuddin yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) berjalan menuju mobil tahanan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Senin (12/12/2022) malam. Foto: ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22

jpnn.com, PALEMBANG - Kejati Sumsel resmi menetapkan eks Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Banyuasin periode 2018-2021 Zainuddin sebagai tersangka korupsi Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) tahun anggaran 2019.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Mohd Radyan, kepada wartawan di Palembang, Senin, mengatakan selain Zainuddin, juga ada dua pejabat lain di kabupaten setempat yang ditetapkan sebagai tersangka.

Kedua tersangka tersebut yakni Sarjono (58) selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin dan Ateng Kurnia (60) selaku Konsultan Pembangunan dalam program SERASI di Kabupaten Banyuasin tahun 2019.

"Zainuddin, Sarjono dan Ateng Kurnia resmi ditetapkan sebagai tersangka pada Senin (12/12) sore ini, dilakukan setelah penyidik mendapatkan kecukupan barang bukti yang diperkuat dengan keterangan saksi dan ahli," kata Radyan, didampingi Ketua Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Noordien Kusumanegara.

Radyan menjelaskan, Kabupaten Banyuasin merupakan satu dari delapan kabupaten di Sumatera Selatan yang melaksanakan Program SERASI dari Kementerian Pertanian RI untuk meningkatkan hasil produksi di daerah setempat.

Kemudian, untuk melaksanakan program tersebut Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura mendapatkan bagian dana senilai Rp335 miliar dari Kementerian Pertanian RI menggunakan APBN tahun anggaran 2019.

Namun kata Radyan, dari hasil penyidikan ditemukan terjadi beberapa penyimpangan yang dilakukan oleh para tersangka ini dalam pemanfaatan anggaran sehingga tidak terserap utuh bagi para kelompok tani kabupaten setempat.

Adapun penyimpangan itu di antaranya, tersangka diduga membuat laporan fiktif dalam penyusunan Rencana Usulan Kegiatan Kelompok (RUKK) dan laporan pembukaan lahan rawa menjadi areal pertanian yang tersebar di beberapa kecamatan Banyuasin.

Kejati Sumsel resmi menetapkan eks Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Banyuasin periode 2018-2021 Zainuddin jadi tersangka korupsi Program Serasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close