Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dituding tak Becus Urusi Konflik di Afghanistan, Menlu Mundur dari Jabatan

Sabtu, 18 September 2021 – 14:40 WIB
Dituding tak Becus Urusi Konflik di Afghanistan, Menlu Mundur dari Jabatan - JPNN.COM
Warga berusaha menuju Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). Foto: Antara/REUTERS/Stringer/FOC/djo

jpnn.com, BELANDA - Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag mundur dari jabatannya pada pada Kamis 16 September setelah parlemen secara resmi mengutuk penanganannya terhadap krisis evakuasi Afghanistan.

Anggota parlemen menyetujui mosi yang mengkritik pemerintah karena gagal mengevakuasi beberapa warga Afghanistan, dan karena tidak ada tanda-tanda pengambilalihan Taliban yang akan segera terjadi.

Pengunduran diri Kaag terjadi sehari setelah Dominic Raab dari Inggris diturunkan dari posisinya sebagai menteri luar negeri setelah cara dia menangani situasi di Afghanistan dikritik.

"Parlemen menganggap bahwa pemerintah telah bertindak tidak bertanggung jawab," kata Kaag dalam sebuah pernyataan kepada parlemen setelah parlemen memilih dengan 78 suara berbanding 72 untuk mengutuknya.

"Meskipun saya mendukung komitmen kami, saya hanya dapat menerima konsekuensi dari penilaian ini sebagai menteri dengan tanggung jawab tertinggi," tambahnya, seperti dikutip AFP.

"Dalam pandangan saya tentang demokrasi dan budaya pemerintahan kita, seorang menteri harus pergi jika kebijakan itu tidak disetujui. Oleh karena itu, saya akan menyerahkan pengunduran diri saya sebagai menteri luar negeri kepada Yang Mulia Raja," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Belanda Ank Bijleveld menolak untuk mengundurkan diri meskipun juga dihantam dengan apa yang disebut mosi kecaman oleh parlemen.

Kaag mengatakan, dia akan tetap sebagai pemimpin partai kiri-tengah D66, yang sedang dalam pembicaraan koalisi dengan Perdana Menteri Mark Rutte setelah memenangkan kursi terbanyak kedua dalam pemilihan pada Maret.

Menlu Belanda Sigrid Kaag mundur dari jabatan setelah gagal mengevakuasi beberapa warga Afghanistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close