Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diuntungkan Konstelasi Politik, Anies Baswedan Diprediksi Masuk Putaran Kedua Pilpres

Rabu, 29 November 2023 – 21:15 WIB
Diuntungkan Konstelasi Politik, Anies Baswedan Diprediksi Masuk Putaran Kedua Pilpres - JPNN.COM
Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengawali kampanyenya di Bogor dengan berjumpa para simpatisan dan sukarelawan di Stadion Laga Tangkas Pekansari. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memprediksi kemungkinan besar yang masuk putaran kedua pilpres 2024 adalah Prabowo Subianto versus Anies Baswedan.

“Kalau tidak ada satu pun calon yang mendapatkan 50 persen plus satu, kemungkinan besar yang masuk ke putaran dua adalah Prabowo versus Anies," ujar Burhanuddin Muhtadi, Rabu 29 November 2023.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong, Ambang Priyonggo mengemukakan konstelasi politik saat ini memang menyebabkan pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Gus Muhaimin Iskandar atau AMIN menjadi diuntungkan.

“Yang dapat keuntungan dari konstelasi politik saat ini adalah dari kubu Anies, karena selama ini pendukung Anies berasal dari pendukung Prabowo yang lama plus sebagian pendukung Jokowi yang lama, sehingga tidak mengherankan jika Anies justru berpeluang masuk putaran kedua sambil menunggu pemenang kontestasi antara Prabowo dengan Ganjar,” terang Ambang, Rabu 29 November 2023.

Selain itu, terang pria yang meraih gelar doktor Ilmu Komunikasi dari University of Malaya, Malaysia, visi misi AMIN yang cenderung berbeda dengan kedua kandidat lain juga menjadi diferensiasi.

“AMIN memberikan tawaran-tawaran alternatif, seperti perubahan di bidang-bidang yang dirasakan esensial bagi rakyat, seperti soal lapangan kerja, harga kebutuhan pokok, pemberdayaan petani dan program-program kerakyatan lain yang langsung menyentuh hajat hidup masyarakat,” tandasnya.

Faktor lain yang menopang Anies, ujar dia, adalah konsolidasi di lapangan seperti ulama dan kiai nahdliyin yang kian solid mendukung AMIN.

“Kalau kita lihat komposisi timnas AMIN kan banyak kiai besar nahdliyin yang berada di belakang AMIN, bahkan masuk ke dalam timnas AMIN,” pungkas dia.

Salah satu polster dan analis politik terbaik Indonesia memprediksi Anies Baswedan lolos dari putaran pertama Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close