Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DKPP Rehabilitasi Nama Baik Ketua KPU dan KIP Provinsi Aceh

Rabu, 05 Maret 2014 – 01:35 WIB
DKPP Rehabilitasi Nama Baik Ketua KPU dan KIP Provinsi Aceh - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi nama baik Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Anggota KIP Aceh Roby Syahputra. Majelis memutuskan keduanya tidak melanggar kode etik KPU.

“DKPP memutuskan merehabilitasi nama baik teradu I atas nama Husni Kamil Manik selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum dan Teradu II atas nama Roby Syahputra selaku anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh,” ujar Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie, dalam sidang putusan di gedung DKPP, Jakarta, Selasa (4/3).

Menurut Jimly, keputusan itu diambil setelah majelis sidang DKPP menilai para teradu tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. 

Husni Kamil dan Roby dituding melakukan pelanggaran, karena tidak menanggapi surat pengadu berkenaan dengan proses PAW anggota KIP Aceh Tenggara Khaheniate.

Namun setelah mendengar keterangan, melihat bukti-bukti dan fakta yang terungkap dalam persidangan, DKPP kata Jimly, berpendapat meskipun teradu memiliki kewajiban menjawab surat pengadu, namun dari segi esensi jawaban yang telah disampaikan KIP Aceh adalah juga merupakan jawaban dari lembaga KPU.

Karena itu selain merehabilitasi nama baik Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Anggota KIP Aceh Roby Syahputra, dalam putusannya DKPP juga memerintahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengawasi pelaksanaan putusan sebagaimana ditetapkan oleh DKPP. (gir/jpnn)

JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi nama baik Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Anggota KIP Aceh Roby Syahputra.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA