Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Doa Keselamatan dari Padang Arafah

211 Ribu Jamaah Berdoa Bersama Minta Dijauhkan dari Bencana

Selasa, 16 November 2010 – 07:57 WIB
Doa Keselamatan dari Padang Arafah - JPNN.COM
MAKKAH - Bencana yang beruntun melanda tanah air menjadi perhatian jamaah Indonesia. Doa dari para jamaah Indonesia pun bergema saat wukuf di Padang Arafah kemarin (15/11). Pada puncak haji itu, 221 ribu jamaah Indonesia berdoa bersama bagi keselamatan negeri dari bencana. Doa dipimpin Wakil Amirul Haj Hasyim Muzadi. "Marilah kita secara khusyuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar negeri kita diselamatkan dari berbagai bencana dan kerusakan-kerusakan yang lain," kata Hasyim dalam khotbah wukufnya di Padang Arafah, Makkah, kemarin.

  

Hasyim menuturkan, doa yang dikabulkan Allah tidak hanya karena tempat dan waktu di Tanah Suci. Selain itu,  dipengaruhi oleh tindakan dan tingkah laku jamaah apakah berjalan selaras dengan doa yang dipanjatkan. "Sebab, Allah tidak akan mengubah atau menghilangkan kenikmatan yang telah diberikan kepada hambanya kecuali hamba itu mengubahnya," tutur Hasyim.

  

Doa tidak hanya dipanjatkan untuk Indonesia, melainkan juga untuk kaum muslim dan kemanusiaan dunia. Hasyim meminta agar jamaah tidak perlu menyalahkan siapapun terkait bencana yang berturut-turut menimpa Indonesia. Yang terpenting adalah mengetahui penyebab bencana dan instrospeksi.

  

Wukuf di Arafah merupakan inti haji karena tiada haji tanpa Arafah. Arafah mempunyai makna tempat dan waktu untuk memohon ampun kepada Allah serta berdoa dan munajat. "Tiada tempat dan waktu yang lebih unggul untuk memohon sesuatu kepada Allah serta memohon ampun atas dosa dosa kita pada Allah kecuali di Arafah saat wukuf," jelas Hasyim.

  

MAKKAH - Bencana yang beruntun melanda tanah air menjadi perhatian jamaah Indonesia. Doa dari para jamaah Indonesia pun bergema saat wukuf di Padang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA