Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter Dirga Minta Masyarakat Jangan Khawatir, Pemerintah Pastikan Kesiapan Vaksinasi Covid-19

Senin, 30 November 2020 – 17:44 WIB
Dokter Dirga Minta Masyarakat Jangan Khawatir, Pemerintah Pastikan Kesiapan Vaksinasi Covid-19 - JPNN.COM
Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe berbicara dalam dialog Juru Bicara Perintah bertema Jalan Panjang Vaksin Sampai ke Tubuh Manusia, Jakarta, Jumat (20/11). Foto: ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Vaksinolog sekaligus dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe menghimbau masyarakat untuk mengetahui informasi yang benar terkait vaksin Covid-19.

Menurut dia, informasi yang benar dan terpercaya akan mengurangi keresahan dan keraguan yang timbul dari penyebaran informasi hoaks terkait vaksinasi.

Hal itu disampaikan Dirga dalam Dialog Produktif bertema "Setelah Vaksin Datang, Apa yang Perlu Disiapkan?" yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (30/11).

"Sekarang banyak sekali informasi yang tidak benar. Kedua, vaksin apa pun yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah dipastikan efektivitas dan keamanannya," kata Dirga.

Dia menyebutkan bahwa Indonesia bukan sekali ini melaksanakan program vaksinasi yang dikenal juga dengan program imunisasi rutin. Proses distribusi vaksin pun sudah menggunakan sistem cold chain atau penyimpanan yang baik saat pendistribusian hingga ke pelosok negeri.

"Kelengkapannya sudah standar. Misalkan, cold box, itu sudah tersedia semua di Indonesia," tegas Dirga.

Masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi nantinya adalah orang dalam kondisi sehat. Untuk vaksin Covid-19 sendiri diberikan kepada dewasa dengan rentang usia 18-59 tahun.

"Nanti dokter atau tenaga kesehatan yang menjadi petugas pasti akan melakukan pemeriksaan (screening) sebelum diberikan vaksin. Yang penting pada hari tersebut kita merasa sehat secara umum," ujar dia.

Dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe mengajak masyarakat untuk mengetahui informasi yang benar terkait vaksin Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close