Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter Spesialis Kandungan Ungkap Penyebab Ketidaksuburan, Bukan BPA

Senin, 14 Oktober 2024 – 23:11 WIB
Dokter Spesialis Kandungan Ungkap Penyebab Ketidaksuburan, Bukan BPA - JPNN.COM
Ki-Ka: Pengamat sosial dari Universitas Indonesia, DR. Devie Rahmawati, M.Hum dan Spesialis kandungan & kebidanan dari Tzu Chi Hospital dr. Ervan Surya, Sp.OG dalam diskusi kesehatan Forum Ngobras. Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Polemik mengenai BPA (Bisphenol-A) masih terus berlanjut. Salah satu isu yang berkembang, yakni kaitan zat tersebut terhadap infertilitas.

Spesialis kandungan & kebidanan dari Tzu Chi Hospital dr. Ervan Surya, Sp.OG menyampaikan masyarakat perlu cermat ketika membaca penelitian mengenai BPA yang beredar di media sosial. 

“Berdasarkan studi meta-analisis, tidak ada korelasi antara BPA dengan gangguan kesuburan," kata dr. Ervan Surya dalam diskusi kesehatan besutan Forum Ngobras, Senin (14/9). 

Sebuah studi meta-analisis yang dilakukan sepanjang 2013 – 2022 meneliti kaitan antara BPA dan fertilitas perempuan dengan melihat tiga parameter: kebutuhan akan IVF (in-vitro fertilization) atau bayi tabung, PCOS (polycystic ovarian syndrome) dan endometriosis. Ternyata tidak ditemukan hubungan antara BPA dengan endometriosis, IVF dan PCOS,” ujarnya.

Isu lain menyebutkan bahwa BPA bisa menyebabkan persalinan prematur. Hal ini tidak terbukti melalui studi meta-analisis terhadap 7 penelitian dengan total 3.004 partisipan. Studi meta-analisis lain mengulas hubungan antara paparan BPA saat kehamilan dengan kelahiran. 

"Kesimpulannya, tidak ada kaitan antara paparan BPA dengan usia kehamilan, panjang bayi, berat badan bayi, dan lingkar kepala bayi,” papar dr. Ervan.

Penyebab persalinan prematur cukup beragam. Yang paling sering antara lain infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi vagina, sambungnya.

Dia melanjutkan, tidak ada kaitan BPA dengan infertilitas pada laki-laki. Mungkin membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dokter Spesialis Kandungan & kebidanan dari Tzu Chi Hospital dr. Ervan Surya, Sp.OG mengungkapkan penyebab ketidaksuburan ternyata bukan BPA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA