Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Doktor HI Unpar Nilai Disertasi Hasto Layak Jadi Bahan Literatur Mahasiswa

Jumat, 10 Juni 2022 – 22:26 WIB
Doktor HI Unpar Nilai Disertasi Hasto Layak Jadi Bahan Literatur Mahasiswa - JPNN.COM
Andreas Hugo Pareira. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Parahyangan Bandung Andreas Hugo Pareira menilai disertasi Hasto Kristiyanto tentang geopolitik Bung Karno layak menjadi bahan literatur mahasiswa dan diplomat muda. Dia mengusulkan disertasi Hasto di Universitas Pertahanan itu dibukukan sebagai sumbangan literatur bagi mahasiswa HI.

"Disertasi ini perlu dibukukan, tentunya akan menjadi sumbangan literatur yang berharga bagi para peminat studi hubungan internasional dan kajian strategis untuk memahami studi geopolitik dari perspektif ke-Indonesiaan," kata Andreas Pareira dalam keterangannya, Jumat (10/6).

Andreas mengatakan bidang studi HI maupun kajian strategis di perguruan-perguruan tinggi di negeri ini belum mempunyai referensi akademis yang patut dan merupakan asli (original) pemikiran orang Indonesia.

Menurut dia, belum ada referensi akademis yang melihat aspek geopolitis strategis dari perspektif Indonesia.

Selama ini, lanjut dia, referensi yang tersedia yang digunakan berasal dari ahli di Eropa atau AS yang membangun teorisasi geopolitik.

"Meskipun karya akademis bersifat universal, karya akademis pun tidak terlepas dari perspektif sang pembuat teori dengan kepentingan yang tentu juga sejalan dengan cara pandang teoritis yang menyusun teori tersebut," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, disertasi Hasto merupakan upaya untuk memformulasikan secara akademis pemikiran Bung Karno yang melihat geopolitik dari sudut pandang Indonesia dan berlandaskan kepentingan nasional Indonesia pula. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Andreas Hugo Pareira menyampaikan belum ada referensi akademis yang melihat aspek geopolitis strategis dari perspektif Indonesia.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close