Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Doni Monardo: Alhamdulillah, Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia Lampaui Global

Kamis, 27 Agustus 2020 – 17:57 WIB
Doni Monardo: Alhamdulillah, Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia Lampaui Global - JPNN.COM
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: ANTARA/HUMAS BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan tingkat kesembuhan dari virus corona di Indonesia melampaui angka global. Doni menjelaskan angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia adalah  72,1 persen. Sementara angka kesembuhan global adalah 68 persen.

“Alhamdulillah angka kesembuhan telah melampaui angka kesembuhan global,” kata Doni saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8).

Jenderal bintang tiga ini menambahkan angka kematian juga mengalami penurunan. Pada awal kasus Covid-19 terjadi di Indonesia, angka kematian secara nasional di atas sembilan persen, dan sekarang sudah berada pada posisi 4,3 persen.

“Memang masih di atas angka kematian global, tetapi apabila kita bisa bekerja dengan cara lebih baik insyaallah angka kematian bisa kita turunkan terus sampai seminimal mungkin,” kata Doni dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena

Doni menjelaskan ada delapan target Satgas Penanganan Covid-19, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPE) Airlangga Hartarto, dan Ketua Pelaksana KPCPE Erick Thohir.

Kedelapan target itu adalah menakan kasus, lindungi yang rentan, peningkatan testing,  penyelidikan epidemiologi dan tracing, peningkatan ketersediaan  reagen, PCR dan APD, sosialisasi masif, perubahan perilaku, dan peningkatan interoperabilitas data kesehatan.

Ia menambahkan untuk tugas melindungi kelompok rentan, pihaknya terus bekerja keras meminta  pihak rumah sakit dan dokter, supaya menyampaikan  informasi ke pasien mereka terutama yang menderita komorbid seperti hipertensi, diabetes, jantung, kanker, paru-paru, dan lainnya.  

“Karena, 85 persen angka kematian nasional itu komorbid dan lanjut usia. Apabila program ini berhasil berarti bisa melindungi 85 persen warga negara,” ujar dia.

Doni Monardo memastikan tingkat kesembuhan Covid-19 di Indonesia telah melampaui angka global. Namun, tingkat kematian masih berada di atas angka global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close