Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Jiwa Berwirausaha, Disperindag Maluku Gelar Pelatihan Kerajinan di Desa Wowonda Kepulauan Tanimbar

Kamis, 13 Juli 2023 – 09:16 WIB
Dorong Jiwa Berwirausaha, Disperindag Maluku Gelar Pelatihan Kerajinan di Desa Wowonda Kepulauan Tanimbar - JPNN.COM
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menggelar pelatihan kerajinan di Desa Wowonda Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada 6-9 Juli 2023. Foto: Disperindag Maluku

jpnn.com, TANIMBAR - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menggelar pelatihan kerajinan di Desa Wowonda Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada 6-9 Juli 2023.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Yayasan Pendidikan Katolik SD 2 Naskat Wowonda Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan calon wirausaha baru IKM Kerajinan.

“Pelatihan ini berkaitan dengan Proses Produksi Kerajinan Lokal di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” ujar Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Marchelino Paliama.

Menurut Marchelino, pelatihan ini sebagai implementasi arahan dan kebijakan Gubernur Maluku melalui Keputusan Gubernur Nomor 90 Tahun 2023 tentang Satu OPD Satu Desa Binaan.

Marchelino menjelaskan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dalam Pemerintah Provinsi Maluku menindaklanjuti arahan Gubernur Maluku tersebut dengan melaksanakan Pelatihan Kerajinan di Desa Wowonda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Strategi yang dilakukan ini dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat terutama yang berada pada kelompok pada daerah perbatasan dan rentan terhadap kemiskinan,” kata Marchelino Paliama

Dia menjelaskan konsep yang dilakukan adalah dengan menumbukan jiwa berwirausaha dengan melakukan intervensi terhadap perluasan lapangan kerja industri yang tetap memanfaatkan komoditi inti desa atau produk-produk lokal (local product) yang berlimpah di tiap desa termasuk Desa Wowonda di dalamnya.

Lebih lanjut, Marchelino menjelaskan kegiatan pemberdayaan di daerah perbatasan dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan membentuk karakter berpikir dari masyarakat sehingga terpola secara simultan konsep jiwa berwirausaha dalam jati diri masyarakat khususnya peserta pelatihan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menggelar pelatihan kerajinan di Desa Wowonda Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada 6-9 Juli 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close